Bursa Hewan Qurban (BHQ) yang diselenggarakan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian (Kementan) di Pusat Standardisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PSIPKH) Kota Bogor, Jawa Barat, menyediakan ratusan hewan kurban yang sehat dan berkualitas.

Kepala PSIPKH Agus Susanto di Kota Bogor, Selasa, mengatakan program hasil kolaborasi BSIP, PSIPKH dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor ini berlangsung hingga 17 Juni 2024.

Ia menyebutkan di BHQ ada sembilan peternak yang berjualan hewan kurban, dengan rincian sapi yang tersedia sementara ada 76 ekor ditambah dengan 250 ekor kambing atau domba.

Baca juga: BSIP dan Pemkot Bogor fasilitasi peternak untuk jual hewan kurban di BHQ
Baca juga: Bogor kesulitan dirikan bursa hewan kurban kecamatan

“Hewan ternak yang sehat diberi kalung penanda dan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai bukti hewan dalam kondisi sehat dan terbebas dari penyakit sehingga masyarakat tenang dan aman,” ucapnya.

Sebelum masuk BHQ, Agus mengatakan hewan-hewan ternak yang dijual diperiksa oleh dokter hewan yang ada di DKPP Kota Bogor, Sekolah Vokasi Paramedik Veteriner, maupun Fakultas Kedokteran Hewan IPB.

Program ini, kata dia, juga dilakukan untuk memfasilitasi para peternak sehingga mendapat tempat yang layak dalam menjajakan dagangannya.

“BHQ diinisiasi dari banyaknya penyakit yang berpotensi ditimbulkan hewan ternak. Sebab kalau tidak dikendalikan dapat mengganggu kesehatan manusia. Terlebih Bogor menjadi wilayah endemik antraks. Sebelum itu terjadi perlu ada pemeriksaan dan pengawasan agar warga dapat terlindungi,” jelasnya.

Baca juga: Bursa hewan kurban Bogor diminati peternak

Kepala DKPP Kota Bogor Chusnul Rozaqi menyampaikan BHQ hadir sebagai bentuk komitmen pihaknya menyediakan kebutuhan dan menjamin keamanan pangan.

Ia menjelaskan pada momen Idul Adha 1445 H kebutuhan hewan kurban di Kota Bogor bisa mencapai lebih dari 20.000 ekor. Terdiri atas 14.000 ekor kambing atau domba dan 4.000 ekor sapi.

“Kebanyakan didatangkan dari luar kota sehingga banyak lapak penjual hewan kurban yang menjamur. Oleh karena itu kami menyediakan BHQ untuk menjamin masyarakat mendapat daging kurban yang aman dan memenuhi kriteria ASUH,” ujarnya.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024