Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengajak masyarakat untuk bergotong-royong dan saling berkolaborasi dalam menjaga kerukunan pada momentum Hari Lahir Pancasila, Sabtu 1 Juni 2024.

"Pada momentum Hari Lahir Pancasila kali ini, mari kita saling bergotong-royong dan berkolaborasi untuk menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa ini, sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila," kata Benni, di Purwakarta, Sabtu.

Ia berharap pada momentum Hari Lahir Pancasila, dapat memompa semangat seluruh elemen masyarakat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di tingkat dunia.

"Mari kita syukuri, karena sebagai bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara," katanya.

Menurut dia, kehadiran Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Sebab dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

"Keberagaman yang ada merupakan anugerah dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Jadi pada momentum yang sangat bersejarah ini, Benni mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ia menyampaikan bahwa tanggal 1 Juni 2024 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, karena pada 1 Juni 1945 Bung Karno pertama kali mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Republik Indonesia hingga saat ini.

Hal tersebut disampaikan dalam pidatonya di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024