Bekasi, 25/9 - Ikan hias cupang (Betta splendens) jenis Halfmoon milik Gunawan dari Pekanbaru, Riau, berhasil meraih Piala Wali Kota Bekasi dalam ajang kontes ikan hias nasional, Selasa.

Lomba yang diselenggarakan oleh Asosiasi Betta Indonesia (ABI) dan Dinas Perekonomian Rakyat Kota Bekasi itu diikuti sekitar 506 peserta se-Indonesia di Blu Plaza, Bekasi Timur, sejak 23-25 September 2012.

"Pemenang pertama diraih ikan cupang dari Pekanbaru. Penilaian dilihat dari bentuk tubuh, warna, dan kegesitan ikan," ujar Ketua Panitia Kontes Ikan Hias Cupang, Agus Kamil, usai penyerahan piala.

Menurut dia, lomba ikan hias tingkat nasional tersebut diadakan untuk merangsang potensi budidaya ikan hias di Kota Bekasi yang saat ini sedang berkembang.

"Ikan hias asal Bekasi pernah memenangkan lomba serupa di Singapura pada bulan lalu," katanya.

Menurut dia, kontes tersebut adalah yang keenam kalinya digelar sepanjang 2012 di berbagai daerah. Sebanyak 3 kontes tingkat nasional dan tiga kontes lainnya tingkat regional.

"Baru pertama yang tingkat nasional ini merebutkan piala Wali Kota," ujar Agus.

Sejumlah ikan cupang yang tampil dalam kontes itu beragam jenis. Mulai dari halfmoon, lavender, giant dan lainnya.

Salah satu kontestan, Hatur (38) asal Makassar, mengaku tertarik ikut kontes ikan hias di Bekasi karena ingin menambah jaringan.

"Selama ini image ikan cupang hanya sebagai ikan yang diadu atau dijadikan judi, seharusnya kontes hias ikan cupang dijadikan perlombaan sebagai ikan hias dan untuk menambah jaringan," katanya.


Andi F

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012