Pemkab Sukabumi, Jawa Barat, memetakan destinasi wisata yang belum termanfaatkan secara maksimal baik oleh masyarakat maupun pemerintah tingkat desa dan kecamatan.

"Kabupaten Sukabumi memiliki banyak potensi wisata alam yang belum termanfaatkan dan terkelola secara maksimal. Hasil pemetaan ini tentunya sebagai dasar Pemkab Sukabumi untuk membuat program dan kebijakan terkait pemanfaatan potensi tersebut," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Senin.

Menurut Marwan, potensi wisata tersebut tersebar hampir di seluruh kecamatan baik potensi wisata bahari, pegunungan, rimba maupun lainnya. Melalui pemetaan ini, potensi yang ada diharapkan bisa termanfaatkan secara maksimal untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Baca juga: BPBD Sukabumi lakukan pelatihan penanganan bencana di objek wisata pantai
Baca juga: Wisata memancing ikan jadi andalan kembangkan pariwisata di Sukabumi

Selain itu, untuk menunjang objek wisata tersebut pihaknya juga akan melakukan pembenahan khususnya akses jalan serta membangkitkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini pun menginginkan kabupaten yang dipimpinnya tersebut bisa menjadi daerah tujuan utama wisata para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Kami optimistis, jika seluruh potensi wisata termanfaatkan dan dibenahi maka Kabupaten Sukabumi bisa menjadi sentral wisata minimal di Jabar, untuk itu dukungan dari masyarakat sangat kami butuhkan untuk membantu pengembangan wisata," tambahnya.

Baca juga: Tiga destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi sudah mendunia

Marwan mengatakan untuk mewujudkan Kabupaten Sukabumi sebagai destinasi wisata kelas dunia, juga harus ditunjang berbagai inovasi dan kreativitas masyarakat serta pemerintah desa dan kecamatan. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah dengan warga diharapkan menjadi peluang untuk menghidupkan potensi dan bisa menyejahterakan masyarakat.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024