Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Jawa Barat, menyampaikan Pasar Jambu Dua di Kelurahan Tanah Sareal yang sedang dibangun bisa difungsikan dua bulan lagi.

Direktur Utama Perumda PPJ Jenal Abidin di Kota Bogor, Selasa, menyampaikan dari informasi yang diterimanya dari investor, pembangunan pasar yang dicanangkan jadi pasar bersih ini tinggal 10 persen lagi.

“Hasil dari investor tinggal 10 persen proses pembangunannya, jadi mudah-mudahan di awal Juni ini bisa berfungsi. Ini kan tinggal finishing kurang lebih satu-dua bulan ini bisa difungsikan,” kata Jenal.

Baca juga: Pasar Jambu Dua dan Pasar Gembrong Sukasari dicanangkan jadi pasar bersih
Baca juga: Perumda PPJ Kota Bogor beri kemudahan untuk pedagang Pasar Jambu Dua dan Sukasari

Ia mengatakan, Perumda PPJ juga telah menerima banyak masukan dari pedagang eksisting yang saat ini berdagang di tempat penampungan sementara (TPS), agar pembangunan pasar segera diselesaikan.

“Kami juga ada masukan dari pedagang untuk segera bisa menyelesaikan yang tinggal 10 persen ini. Sehingga pedagang bisa pindah dari TPS ke pasar yang sudah jadi,” jelasnya.
 

Tempat penampungan sementara pedagang Pasar Jambu Dua Kota Bogor. (ANTARA/Shabrina Zakaria)

Jenal menyebut, saat ini 1.141 kios yang ada sedang dilengkapi sarana utilitasnya mulai dari air, listrik, dan stop kontak. Lokasi kios dan los untuk pedagang yang sudah memesan juga sudah diatur.

“Saat ini sedang dilengkapi sarana utilitasnya. Hal-hal detail itulah yang sedang kita cek, sehingga nanti ketika pedagang pindah tidak ada keluhan lagi,” kata Jenal.

Baca juga: Perumda PPJ Bogor targetkan Pasar Jambu Dua dan Sukasari operasi Maret

Menurutnya, pedagang yang seluruhnya menjual bahan basah bisa pindah dengan mudah ketika pasar sudah jadi secara keseluruhan.

Namun ia ingin memastikan bahwa kios dan los yang akan digunakan para pedagang sudah selesai dan siap untuk ditempati.

“Kalau soal pindah sih mudah, tapi menyiapkannya itu, utilitas harus clear atau beres dulu sehingga pedagang pindah itu nyaman,” ujarnya.

Sejak pertengahan 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memiliki empat kegiatan revitalisasi pasar. Yakni revitalisasi Pasar Bogor, Pasar Jambu Dua, Pasar Sukasari, dan Pasar Merdeka. (KR-SBN)

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024