Jakarta (Antara Megapolitan) - Tim nasional sepak bola putri U-15 Indonesia siap bertanding dalam laga Piala AFF wanita U-15 di Laos yang dimulai Minggu (7/5).

"Persiapannya sudah maksimal, meski memang timnas kurang di postur dan penjaga gawang masih perlu pengalaman bertanding," ujar manajer tim Papat Yunisal dikutip dari laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, Selasa.

Perempuan yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI ini melanjutkan, timnya sudah bekerja keras selama masa persiapan yang bisa dilihat dalam penampilan melawan tim putra.

Menurut Papat, meski kalah, hal itu positif karena pemain putra bisa memberikan tekanan kepada timnas.

"Anak-anak bekerja keras sehingga permainannya semakin oke. Kalau bertanding dengan sesama tim putri, tekanannya kurang," kata dia.

Tim nasional putri U-15 sendiri saat ini menjalan pemusatan latihan (TC) di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan dan sudah berlangsung selama hampir sebulan. Di sela-sela TC, mereka mengadakan beberapa pertandingan uji coba dan nyaris memenangkan semuanya.

Uji coba terakhir pada Sabtu (29/4) lalu, anak asuh kepala pelatih Rully Nere ini mengalahkan tim pria PS Lubuk Linggau U12-13 dengan skor 4-0 di Stadion Petahang, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Sebelum itu, timnas wanita U-15 kalah 1-4 melawan tim pria PS Lubuk Linggau di babak pertama, dan menang 4-0 atas Musi Rawas di babak kedua. Timnas juga sempat menang Srikandi Lubuk Linggau dengan skor 15-0 di uji coba perdana dan kemudian menundukkan PS Lubuk Linggau dengan skor 12-0.

Asisten pelatih timnas putri U-15 Yopie Riwoe menyambut baik hasil-hasil tersebut dan menyebut timnya dalam kondisi yang baik dan semakin bisa mengembangkan permainan.

"Mereka sudah paham apa itu 'style of play', bagaimana menyerang, bagaimana bertahan. Saat ini yang masih perlu dimatangkan adalah transisi bertahan ke menyerang dan sebaliknya," tutur Yopie.

Indonesia sendiri berada berada di Grup B Piala AFF putri U-15 bersama Filipina, Singapura, Kamboja dan Timor Leste. Menurut Yopi, pihaknya sudah memetakan kekuatan tim-tim tersebut.

"Saya rasa timnas Indonesia punya peluang karena memiliki sayap-sayap cepat dan pertahanan yang bagus," kata dia.

Piala AFF U-15 putri 2017 sendiri digelar di Laos pada 7-20 Mei 2017. Pesertanya dibagi dalam dua grup di mana Grup A dihuni oleh Malaysia, Myanmar, Laos, Vietnam, Thailand dan Grup B diisi Filipina, Singapura, Kamboja, Timor Leste, Indonesia.

Berikut 24 pemain timnas wanita Indonesia U-15.

Kiper:
Erlin Oktavia, Banten
Rabiah Nurkhodijah, DKI Jakarta

Belakang:
Syafira Azzahra Ramadhani, Bangka Belitung
Sasi Kirana, Banten
Leli Sukmawati, Jawa Barat
Rachmayanti Indah Maruf, Jawa Timur
Dhea Yolanda Azaliea, Jawa Barat
Ceysa Salsabila Dian, Jawa Timur
Diah Ayu Puspitaningrum, Jawa Barat

Tengah:
Nur Fadillah Fitrah Ramadhani, Bangka Belitung
Illah Hayati, Sumatera Selatan
Hanipa Halimatusyadiah, Jawa Barat
Zahra Naqiyah Primadi, Jawa Barat
Safira Ika Putri Kartini, Bangka Belitung
Jasmine Sefia Waynie Cahyono, Jawa Timur
Anisa Febiana, Daerah Istimewa Yogyakarta
Sheva Imut Furycha, Bangka Belitung
Nafizhah Nuraini, Daerah Istimewa Yogyakarta
Vinny Silfianus, Banten
Epince Tabuni, Papua

Depan:
Carla Bio Pattinasarany, DKI Jakarta.  

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017