Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Pemerintah Provinsi Lampung menyalurkan bantuan kepada para petani dan penyuluh pertanian pada acara Rembug Tani bersama Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Provinsi Lampung dan Perwakilan Petani dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, di Komplek PKOR Way Halim Bandarlampung, Sabtu 29 April 2017.

Bantuan tersebut merupakan sebagian dari alokasi Rp185 Milyar lebih yang siap dikucurkan Pemprov Lampung, diserahkan secara simbolik oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono.  

Bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung itu berupa Alsintan, rehabilitasi dan revitalisasi jaringan irigasi tersier perpipaan dan embung, serta bantuan benih dan pengembangan kawasan hortikultura.

Bantuan Alsintan yang diserahkan berupa Traktor roda dua 629 unit, pompa air 602 unit, rice transplanter 95 unit dan Combine Harvester Besar 128 unit. Untuk rehabilitasi dan revitalisasi jaringan tersier, perpipaan dan embung Pemerintah Provinsi Lampung memberikan bantuan untuk rehabilitasi jaringan irigasi tersier seluas 5.650 Ha dan pengembangan embung 20 unit.

Sedangkan Bantuan benih berupa Padi Inbrida 266.250 Kg, Padi Hibrida 8.250 Kg, dan Jagung Hibrida 1.103.869 Kg. Untuk pengembangan kawasan hortikultura direncanakan pengembangan tanaman cabai seluas 462 Ha, bawang merah 40 Ha, jeruk 56 Ha, dan untuk buah-buahan lainnya seluas 6 Ha.

"Bantuan ini baru berkisar separuh lebih dari total bantuan yang dialokasikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Pemerintah Provinsi akan memberikan bantuan kepada masyarakat petani dengan total nilai keseluruhan bantuan yang akan disalurkan hampir Rp185 M," tutur Sutono.

Penyaluran bantuan ini mengingat Sektor pertanian di Provinsi Lampung merupakan tulang punggung pembangunan ekonomi. Dibuktikan  PDRB Provinsi Lampung selama 10 tahun lebih sektor pertanian memberikan kontribusi lebih dari 32% setiap tahunnya.

Hal ini yang mendorong Pemerintah Provinsi Lampung untuk terus menjaga serta meningkatkan produktifitas sektor Pertanian di Provinsi Lampung. Salah satunya dengan memberikan bantuan bagi para petani baik perseorangan maupun melalui Gabungan Kelompok Petani yang ada.

Apresiasi Perhiptani

Sutono juga menyampaikan apresiasinya kepada Perhiptani. "Saya memberikan penghargaan kepada Perhiptani Lampung yang telah memprakarsai program Rembug Desa, yang telah melaksanakan kegiatan asah trampil yang saya anggap sangat penting untuk era saat ini. Dan selanjutnya saya minta jajaran pertanian dapat meneruskan dan mengembangkan program ini, sehingga menjadi agenda Provinsi Lampung ke depan," ungkapnya.

Dalam rangkaian acara Rembug Tani tersebut, Sekada Sutono juga Melepas kontingen yang mewakili Provinsi Lampung untuk mengikuti PENAS.

"Kepada kontingen Lampung kiranya dapat mengikuti kegiatan  dengan baik. Semoga ilmu dan informasi yang diperoleh dapat diterapkan dan disampaikan kepada rekan-rekan petani/kelompok tani di daerah masing-masing," katanya mengharapkan. (RLs/HMS/ANT/BPJ/MTh).

Pewarta: Humas-Protokol Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017