Pesawaran, Lampung (Antara Megapolitan) - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 tahun 2017 tingkat Provinsi Lampung berlangsung megah dan meriah, oleh Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo didampingi Bupati Pesawaran Dendi Maradona beserta Ketua LPTQ Nasional dan Anggota DPR RI Zulkifli Anwar di Islamic Center Kabupaten Pesawaran, Gedung Tataan, Jumat Malam (21/04/2017).

Acara pembukaan dimeriahkan dengan berbagai perpaduan teknologi hologram, lantunan ayat suci Al Quran, senandung gema sholawat bernuansa religi serta tausiah dari ustad kondang asal Jakarta, Ustad Subkhi Al Bukhori.

Dalam Tausiah pembuka Ustad Subkhi Al Bukhori turut mengajak para hadirin untuk mendoakan Gubernur Lampung dan Masyarakat Provinsi Lampung agar mendapat Keberkahan senantiasa diterangi oleh Cahaya Al Quran serta menjadi negeri yang Baldatun, Taibatun, Warrobunghofur, yang diamini oleh para hadirin.

Sementara Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo mengapreasiasi kerja keras Bupati Pesawaran beserta jajarannya dalam mempersiapkan penyelenggaraan MTQ ini.

Munurutnya, Bangsa Indonesia adalah umat muslim terbesar di dunia, maka menjadi kewajiban sebagai umat Islam untuk terus membumikan ajaran Al Quran. Dengan demikian acara ini merupakan upaya meningkatkan kualitas keimanan, sekaligus membangun masyarakat religius yang bertanggung jawab terhadap kemajuan Provinsi Lampung.

Perekat Seluruh Ummat Menjaga Kebhenikaan

Karena itu, Pemerintah Provinsi Lampung juga terus meningkatkan program-program keagamaan, di antaranya program bantuan untuk Pondok Pesantren, Rumah Ibadah, bantuan Untuk Guru Ngaji, Marbot Masjid, Wisata Religi serta Umroh Gratis.

"Hal ini akan terus bisa kita wujudkan dengan bersama-sama, bergandengan tangan. Yakinlah Pemerintah akan bersama masyarakat untuk kemajuan seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Prestasi Provinsi Lampung mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat atas keberhasilan kita menjaga kondusifitas daerah kita.  Ummat Islam adalah pelaku utama, perekat seluruh ummat menjaga Kebhenikaan, mari terus kita rawat dalam bingkai persatuan," ucap gubernur.  

Gubernur Ridho juga mengimbau forum-forum kajian Al Quran perlu digiatkan dan dikembangkan di lingkungan masyarakat. Keluhuran nilai-nilai ajaran Al Quran sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuh-kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun informal, termasuk di antaranya melalui Musabaqah Al Quran dalam berbagai cabang keilmuan Al Quran, yang diselenggarakan secara berjenjang hingga tingkat internasional.

"Kegiatan MTQ ini hendaknya mampu menjadi momentum strategis mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari hari dengan nilai-nilai Qurani," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pesawaran Dendi Ramadona dalam ucapan selamat datangnya menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan Pemerintah Provinsi Lampung kepada Kabupaten Pesawaran untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan MTQ ke-45 Tingkat Provinsi Lampung.

"Berkat dukungan Pemerintah Provinsi dan seluruh masyarakat serta panitia pelaksanaan MTQ ke-45 terlaksana dengan baik dan sukses. Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Pesawaran senantiasa berharap agar M. Ridho Ficardo terus melanjutkan pembangunan Provinsi Lampung", ujarnya.

Dalam acara ini, turut hadir Anggota Forkopimda Provinsi Lampung,  bupati/walikota se-Provinsi Lampung, Dewan Juri, serta peserta MTQ dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. (RLs/HMs/Ant/BPJ/MTh).

Pewarta: Humas-Protokol Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017