Ciawi, Bogor (Antara Megapolitan) - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat mengadakan pelatihan manajemen ritel kepada 62 UMKM Kecamatan Ciawi, sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu mengembangkan usaha kecil warga setempat.
 
"Jadi sistemnya nanti kita bermitra, khususnya toko kelontong akan dibimbing dari penataan barang sampai pengelolaan keuangan dengan komputerisasi," kata Corporate Communication Menager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Budi Santoso, di Kantor Kecamatan Ciawi, Bogor, Jumat.
    
Budi menyampaikan lebih lanjut, Alfamart akan berkomitmen maju bersama Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM) dengan mengadakan pendampingan menejemen usaha berkelanjutan.

UMKM akan diberi akses pasokan (suplai) barang dagangan dengan harga kompetitif dan efisiensi waktu pengiriman.
 
Sehingga ke depan, kata Dia lagi, toko kelontong dan UMKM bisa lebih memanjakan pelanggan dengan harga yang kompetitif, seperti Alfamart dengan penataan ruang serta tata letak barang yang menarik.
    
Budi juga mengatakan bahwa dengan kegiatan CSR yang dilaksanakan saat ini, diharapkan sinergitas antara pemerintah, perusahaan bersama UMKM bisa terjalin lebih baik lagi.  
    
Memajukan UMKM Bogor

Sementara itu, Kepala Kecamatan Ciawi, Bambang Setiawan mengatakan, dirinya berharap kegiatan tersebut dapat terus berlangsung untuk ikut memajukan UMKM di wilayahnya.  
    
Dari 300 UMKM yang terdata, kata dia, ada sekitar 105 peserta yang sudah siap untuk berkompetisi dibidang produk, sehingga membutuhkan pelatihan menejemen usaha yang lebih tertata.
 
Seperti juga harapan Bupati Bogor, lanjut Bambang menuturkan, dirinya mengajak Alfamart untuk memberikan tempat bagi produk UMKM di wilayahnya sebagai dukungan terhadap pemasaran produk-produk lokal.
 
"Saya berterima kasih kepada Alfamart, setelah dapat pelatihan Disperindag tentang pengemasan dan pemasaran, sekarang bagian menejemennya supaya lebih bisa bersaing," kata dia.

Kegiatan itu selain dihadiri dan memberikan sambutan Camat Ciawi Bambang Setiawan, dan Corporate Communication Menager PT Sumber Alfaria Trijaya, Budi Santoso, juga dihadiri  perwakilan UMKM Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor.

(Advertorial/M Tohamaksun).

Pewarta: Linna Susanti & Mayolus Fajar D

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017