Lebih dari 20 klub basket se-Indonesia mengikuti pertandingan basket bertaraf nasional, Glory Cup Volume 2, yang digelar di GOR Pajajaran Kota Bogor, Jawa Barat, mulai 27 April hingga 12 Mei 2024.

Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih di Kota Bogor, Sabtu, mengapresiasi digelarnya Glory Cup Volume 2, setelah diadakan di tingkat Provinsi Jawa Barat pada 2023.

“Saya kira cukup bagus di setiap kota sering mengadakan event yang setaraf nasional. Sehingga memberikan pengalaman bagi anak-anak untuk bermain secara nasional,” ujarnya ketika menghadiri pembukaan Glory Cup Volume 2.

Ia menyampaikan, ketika ada pertandingan bertaraf nasional, Perbasi Pusat selalu memantau beberapa hari. Untuk melihat potensi bibit atlet unggul dari kelompok umur tertentu.

Adapun kelompok usia yang ikut serta dalam Glory Cup Volume 2 ialah kelompok usia 8 tahun free gender, 10 tahun free gender, 12 tahun putra putri, 14 tahun putra putri, 16 tahun putra putri dan 18 tahun putra putri

Danny memastikan para bibit atlet ini bisa ditarik ke kelompok nasional. Bahkan bisa bermain hingga ke luar negeri.

“Memang harus (menarik atlet unggul). Biasanya kita ada aturan untuk melihat berapa hari, nanti balik ke Jakarta memberikan laporan atlet mana yang bisa ditarik atau direkrut,” ucapnya.

Di samping itu, Danny memastikan Perbasi Pusat selalu membubuhkan tanda tangan basah pada sertifikat acara yang mendapat rekomendasi pihaknya.

Sehingga nantinya para atlet basket bisa masuk sekolah favorit atau sasarannya, melalui jalur prestasi lewat olahraga basket.

“Kalau Perbasi berharap mereka bisa dapat sekolah yang bagus,” kata Danny.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024