Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)  Universitas Pancasila dan Pertamina Foundation melakukan sosialisasi program PF Sains untuk memberikan ruang dan peluang bagi para dosen UP serta para inovator untuk mengembangkan diri, berkompetisi melalui ide-ide kreatif dan inovatif untuk menjadi pelaku yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan teknologi dan energi.

Wakil Rektor Bidang 4 Universitas  Pancasila Diennaryati Tjokrosuprihatono, di Jakarta, Sabtu mengatakan menyambut hangat head of project PFSains, Ermawan Fitra dan sangat mengapresiasi kegiatan ini serta memberikan motivasi kepada para dosen yang hadir pada  program ini untuk secara aktif mengambil peran dalam kompetisi PFSains ini.
 
Wakil Kepala LPPM UP Gunawan mengatakan tahun 2024 merupakan tahun kelima penyelenggaraan PFsains.

Baca juga: UP gelar kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi 2024
Baca juga: UP berbagi kebaikan Ramadhan dengan edukasi pencegahan bullying

Pada tahun ini, inovasi yang dikembangkan diperluas tidak hanya terbatas berbasis EBT (Energi Baru Terbarukan) namun menjadi 2 (dua) inovasi, yakni inovasi teknologi dan inovasi energi, yang mencakup kategori ideasi dan kategori implementasi.

Masing-masing kedua kategori ini memperoleh dana apresiasi bagi peserta terbaik yang terpilih dengan total hadiah total miliaran rupiah.

Satu hal yang membanggakan bahwa tahun 2023, salah satu tim dosen UP yang diketuai oleh bpk Reza Abdurrahman (FT), berhasil menjadi salah satu pemenang PFSains (peringkat 3 kategori ideasi dan Top 5 kategori implementasi) melalui ide project solar energy storage untuk proses pengeringan hasil tangkapan ikan nelayan di Buton Utara.


Baca juga: Senat Universitas Pancasila tetapkan tiga calon rektor periode 2024-2028

LPPM UP selaku penyelenggara kegiatan ini berharap dosen-dosen UP dapat mengikuti jejak Reza untuk ikut andil dalam kegiatan kompetisi PFSains tahun ini.

Perubahan iklim, adanya kebutuhan energi yang terus meningkat, dan tekanan terhadap sumber daya alam membutuhkan solusi-solusi inovatif yang menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024