Pemerintah Kabupaten Bekasi menyuguhkan program wisata industri secara cuma-cuma bagi seluruh rombongan atau kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat di sela-sela penyelenggaraan ajang tersebut pada 27 April-5 Mei 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna mengatakan program wisata industri menjadi salah satu suguhan unik yang dapat dinikmati seluruh peserta MTQ ke-38 dari kota dan kabupaten se-Jawa Barat.

"Kami akan melaksanakan tur wisata industri untuk para kafilah selama mereka berada di Kabupaten Bekasi. Sudah kita siapkan tripnya," katanya di Cikarang, Kamis.

Baca juga: PMI siagakan ambulans dan tim medis dukung kelancaran MTQ Jawa Barat
Baca juga: Kabupaten Bekasi siap jamu kafilah peserta MTQ ke-38 Jawa Barat 2024

Dia mengatakan wisata industri disuguhkan mengingat potensi Kabupaten Bekasi selaku pemilik kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara. Layanan kafilah ini juga sejalan dengan tema MTQ ke-38 Jawa Barat 2024 yakni "Agungkan Al Quran di Kota Industri untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin".

Iyan menyebut ada tiga lokasi yang telah disiapkan untuk perjalanan wisata industri ini. Pertama, PT Nippon Indosari Corpindo yang dijadwalkan pada Senin (29/4) dan Kamis (2/5).

Dua perusahaan tujuan tur wisata industri lain yakni PT Yoyic Dairy Indonesia dan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia pada Jumat (3/5).

"Kita sudah siapkan sejumlah bus yang akan mengantarkan ke lokasi perusahaan tersebut. Mereka bergerak di sektor industri makanan yakni pabrik roti dan es krim, serta industri otomotif," katanya.

Baca juga: tradisi Lebaran Bekasi turut meriahkan MTQ Jawa Barat 2024

Teknis pelaksanaan tur wisata industri ini akan dipandu petugas pendamping yang telah disiapkan. Petugas itu juga akan memilah setiap kafilah yang ikut serta pada agenda ini.

Pihaknya akan menginformasikan agenda ini ke setiap petugas pendamping masing-masing kafilah untuk kemudian diarahkan ke shelter yang sudah disiapkan.

"Wisata industri menjadi salah satu agenda inti MTQ ke-38 Jawa Barat di Kabupaten Bekasi. Para peserta dapat melihat secara langsung proses produksi di perusahaan-perusahaan tersebut," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024