Pemerintah Kabupaten Bekasi mematangkan persiapan ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat, 27 April-5 Mei 2024 melalui rapat koordinasi gabungan diikuti segenap unsur terkait.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menyatakan persiapan MTQ tingkat provinsi itu sudah mencapai 70 persen lebih dan hanya tinggal penyelesaian akhir menjelang perlombaan berlangsung.

"Salah satu titik fokus kami dari MTQ tingkat Jawa Barat ini termasuk keikutsertaan masyarakat untuk melihat langsung ke tempat acara," katanya di Cikarang, Selasa.

Dia mengatakan sejauh ini upaya sosialisasi, promosi, dan mobilisasi terus dilakukan secara masif melibatkan semua unsur, mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bekasi, organisasi keagamaan dan masyarakat, serta dunia pendidikan.

Baca juga: Pawai MTQ Ke-38 Jawa Barat digelar di Central Park Meikarta

Pihaknya telah membagi tugas kepada perangkat daerah, camat, termasuk dunia usaha untuk bisa lebih memeriahkan ajang perlombaan ini mengingat salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah sukses dari segi penyelenggaraan.

"Rasanya sudah terbagi habis, bahkan kita masukkan ASN dalam instruksi khusus pimpinan. Semua dinas juga harus melaporkan kontribusi apa yang telah dilakukan untuk MTQ," katanya.

Pemkab Bekasi juga mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk turut memeriahkan ajang tersebut dengan menyediakan gerai khusus agar mereka dapat memajang produk.

Baca juga: Pemkab Bekasi sebut persiapan MTQ ke-38 Jabar 70 persen

Gerai-gerai UMKM itu tersebar di total 12 arena pertandingan selama sepekan berlangsung penyelenggaraan MTQ ke-38. Gerai UMKM juga disediakan pemerintah daerah di Central Park Meikarta pada saat rangkaian pawai perkenalan atau taaruf seluruh kafilah peserta.

"Mulai dari pawai taaruf kita buka bazar di situ dan selama lomba berlangsung, ada 27 stan yang akan diisi produk-produk unggulan agar mereka bisa mempromosikan produk unggulan kita," katanya.

Pihaknya juga menggerakkan dunia usaha sektor industri untuk berkontribusi melalui pemasangan spanduk acara, pemberian cenderamata, hingga menjalankan program wisata industri untuk mengenalkan dunia industri kepada kafilah se-Jawa Barat.

Baca juga: Pemkab Bekasi ajak masyarakat sukseskan MTQ ke-38 Jawa Barat 2024

"Itu kita berikan secara gratis kepada kafilah dari 26 kabupaten dan kota sebagai bagian dari promosi program wisata industri," ucapnya.

Dani menyatakan puncak persiapan rombongan atau kafilah peserta MTQ ke-38 Jawa Barat 2024 diisi dengan gladi kotor dan bersih pada Jumat-Sabtu mendatang guna memastikan setiap rangkaian kegiatan ini berlangsung dengan aman dan lancar.

"Kesiapan kafilah kita juga sudah sampai pada tahap simulasi terakhir, cukup optimis meraih prestasi tertinggi, juara umum," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024