Sukabumi (Antara Megapolitan) - Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Jawa Barat, menyiapkan satu unit truk untuk digunakan atau dimanfaatkan warga yang ingin mudik Idul Fitri ke wilayah Jawa Tengah.

"Truk tersebut digunakan untuk mengangkut barang bawaan pemudik seperti kendaraan roda dua dan lain-lain yang tujuannya untuk mengurangi beban bawaan warga yang tengah mudik," kata Kepala Dishub Kota Sukabumi Abdul Rachman di Sukabumi, Senin.

Selain satu unit truk, pihaknya juga menyiapkan 9 unit bus yang nantinya akan digunakan untuk mudik gratis ke wilayah Jawa Tengah. Progam tersebut diperuntukan untuk 450 orang dan saat ini sudah ada 360 orang yang mendaftar.

Adapun jurusan mudik gratis tersebut yakni Sukabumi-Solo dan Sukabumi-Semarang, sementara rutenya melaui jalur Selatan dan Utara sesuai dengan kebutuhan pemudik.

"Bagi warga yang belum mengetahui dan mendaftar progam ini bisa datang langsung ke kantor Dinas Perhubungan Kota Sukabumi di Jalan Arief Rahman Hakim," katanya.

Rachman mengatakan, bantuan mudik gratis tersebut karena cukup banyak warga dari Jateng yang mengadu nasib di Sukabumi seperti berdagang maupun buruh dan lain-lain. Selain itu juga untuk mengurangi beban biaya mereka saat melakukan perjalanan mudik.

Kendaraan yang disiapkan pun berkualitas, nyaman dan tentunya laik jalan. Sehingga warga yang ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halamannya lebih baik memanfaatkan progam tersebut dari pada menggunakan kendaraan pribadi.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto Iskandar mengatakan pada Idul Fitri ini jumlah pemudik yang kembali ke kampung halamannya diperkirakan naik sekitar 10 persen. Diprediksi mayoritas pemudik akan menggunakan kendaraan pribadi seperti roda dua dan empat.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017