Karawang (Antara Megapolitan) - Tingkat kehadiran peserta ujian nasional berbasis komputer serta ujian nasional pensil dan kertas pendidikan kesetaraan Paket C di Kabupaten Karawang mencapai 78 persen.

Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat Amid Mulyana, di Karawang, Minggu, mengatakan total peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serta Ujian Nasional Pensil dan Kertas (UNKP) Paket C di Karawang kali ini mencapai 2.182 orang.

"Dari total 2.182 peserta itu, sebanyak 572 orang di antaranya peserta UNBK dan 1.610 peserta UNKP," katanya.

Ia mengatakan, alasan ketidakhadiran peserta itu masih klasik, mayoritas dari mereka tidak mendapat izin dari perusahaan tempatnya bekerja. Selain itu, ada pula yang beralasan tidak ikut ujian karena bekerja di luar Karawang.

Menurut dia, sesuai dengan kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat, mereka yang tidak ikut ujian kesetaraan Paket C itu masih bisa ikut ujian gelombang kedua yang dilaksanakan pada Oktober 2017.

Ujian kesetaraan Paket C gelombang pertama itu sendiri digelar pada 15-16 dan 22-23 April 2017.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang menyelenggarakan UNBK ada sembilan lembaga dan penyelenggaraan UNKP digelar oleh 23 lembaga PKBM.

Untuk sembilan PKBM yang melaksanakan UNBK di antaranya PKBM Al Ishlah Batujaya, Kalihurip Berbagi Cikampek, Mekarjaya Tirtamulya, Harapan Mulya Tirtamulya, serta Bunda Mutiara Rengasdengklok.

PKBM lainnya ialah PKBM Isma Al Muawanah Jayakerta, Bina Sejahtera Telukjambe Timur, Riksa Ilmu Karawang Timur serta PKBM Cepat Tepat Karawang Barat.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017