Program Studi Teknik Sipil Universitas Pancasila kembali melanjutkan upaya membangun dan mengembangkan bak penampungan air di Dusun 2, Desa Sukagalih Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

Program yang dilaksanakan sejak tahun 2023 ini memiliki 4 buah kegiatan yaitu perbaikan sumber air bersih, peningkatan kualitas air bersih, renovasi bangunan Tempat Pembelajaran AlQuran (TPA), dan pemberdayaan Masyarakat terkait produk hasil bumi Desa Sukagalih, demikian siaran pers Universitas Pancasila, Rabu.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menerapkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kampus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menjadikan Desa Sukagalih sebagai desa binaan. 

Program di Tahun 2023 adalah Tahun ke-2 oleh Program Studi Teknik Sipil Universitas Pancasila di mana pada tahun 2022 dilaksanakan beberapa kegiatan baik Pembangunan fisik maupun penyuluhan di Desa Sukagalih yang melibatkan seluruh civitas akademik. 

Untuk kegiatan peningkatan kualitas air bersih, telah dilakukan penggantian jaringan distribusi air dari selang karet dengan pipa PVC 2-1/2 inch.sejauh ±320 meter. 

Untuk kegiatan renovasi bangunan TPA telah dilakukan perbaikan dan pekerjaan finishing untuk komponen arsitektural bangunan eksisting. 

Sementara kegiatan pemberdayaan masyarakat, dilakukan penyuluhan dengan topik digitalisasi marketing dan pelatihan peningkatan produk hasil masyarakat yaitu keripik rengginang. 

Untuk kegiatan perbaikan sumber air, telah dilakukan perbaikan kondisi mata air untuk menjaga kebersihan mata air dari daun-daun kering maupun bangkai hewan kecil seperti serangga. 

Selain itu juga ditambahkan 2 buah bak penampung air, Tandon 1 diletakkan di dekat sumber mata air (kapasitas 1000 Liter), dan Tandon 2 (kapasitas 2000 Liter) diletakkan di dekat kawasan perumahan warga yang terletak jauh dari sumber mata air.

Bak kontrol dibuat sebagai tempat pembagi air, didekat Tandon 2, yang akan dialirkan menuju ke rumah-rumah warga dan diharapkan dapat mencukupi kebutuhan air bersih warga yang jauh dari sumber air.

Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dengan dukungan Hibah Internal Universitas Pancasila termasuk dukungan dari Pemerintah Daerah yang di wakili oleh Camat Kecamatan Jonggol, Andri Rahman, S. STP., M.Si dan Kepala Desa Sukagalih Aja Waridin dan seluruh pihak yang terkait. 

Diharapkan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini akan berlanjut di tahun selanjutnya.
 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024