Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, menertibkan dan merelokasi puluhan pedagang kaki lima buah dari jalur pedestrian Jalan Dewi Sartika ke selasar Pasar Kebon Kembang.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Kota Bogor, Senin, mengatakan Pemkot Bogor akan melakukan pendekatan kepada pedagang kaki lima (PKL) yang sebagian besar merupakan pedagang buah agar mau bergeser.

"Dipindahkan antara di Pasar Blok A, B, dan F, itu untuk pedagang buahnya. Di sana akan dirapikan dan nanti pedagang alan ditempatkan di sana," kata Bima.

Baca juga: Satpol PP Kota Bogor beri solusi pemindahan PKL Jalan Dewi Sartika

Pada awal Maret 2024, para PKL itu sudah ditertibkan dan akan dipindah ke Jalan Nyi Raja Permas. Namun, Pemkot Bogor bertenggang rasa untuk memberikan ruang bagi para pedagang mengais rezeki menjelang bulan Ramadhan.

"Tetapi, setelah Ramadhan kita bersihkan lagi yang ada di sini. Kita sudah bicara juga sama teman-teman pedagang buah, sedang diatur secara bertahap untuk bergeser dan tidak berjualan di tengah jalan lagi karena menambah kesemrawutan," jelasnya.

Selain menertibkan para PKL, Bima menyampaikan Pemkot Bogor juga membersihkan jalur pedestrian tersebut, termasuk akan melakukan penghijauan di sisi kiri dan kanannya.

Baca juga: Pemkot Bogor lakukan penataan kawasan Pasar Kebon Kembang senilai Rp14,1 miliar

"Walaupun nanti mungkin balik lagi si pedagangnya, tetapi nggak apa-apa bersihkan lagi, bersihkan lagi. Pokoknya jangan menyerah, saya yakin lama-lama juga akan menyesuaikan," ucapnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor Agustian Syach menjelaskan mulanya para PKL tersebut akan dipindah ke Jalan Nyi Raja Permas, namun rupanya para PKL menolak tempat relokasi tersebut.

"Jadi begini, relokasi akan berhasil kalau pedagangnya menerima. Kalau pedagangnya menolak, ya pasti mereka akan balik lagi," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Bogor tingkatkan marwah PKL jadi pemilik kios

Setelah mencari opsi lain, Agustian mengatakan Pemkot Bogor akhirnya memutuskan untuk memindahkan para PKL buah ke selasar Pasar Kebon Kembang di beberapa blok. Dari hasil hitungan sementara, ada 126 pedagang yang ditertibkan dari jalur pedestrian Jalan Dewi Sartika.

Hal itu sudah dikoordinasikan dengan Perumda Pasar Pakuan Jaya untuk kemudian dikomunikasikan soal lokasi parkirnya. "Insyaallah mudah-mudahan bisa berhasil," imbuhnya.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024