Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Berani Jalan pada Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyisir jalan-jalan berlubang untuk diperbaiki agar dapat dilintasi pemudik dengan aman dan nyaman.

"Tim URC kita bekerja setiap hari karena permintaan semakin banyak. Kita ingin tidak ada lubang yang menganga terlalu lama. Jadi kita upayakan, meskipun tenaga tim dan peralatan masih terbatas dibandingkan dengan permintaan masyarakat, tetapi terus kita lanjutkan URC sepanjang tahun untuk bekerja memperbaiki jalan rusak," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Sabtu.

Sementara Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln menjelaskan dalam beberapa waktu terakhir Tim URC terus melakukan perbaikan pada lubang-lubang minor yang ada di sepanjang Jalan Kalimalang.

Baca juga: Bina Marga Bekasi perbaiki tiga titik jalan di Sukakarya

"Selain dari sisi kenyamanan, perbaikan ini juga mengejar aspek keselamatan pemudik. Intensitas pekerjaan memang sangat tinggi setiap hari. Tim URC melakukan perbaikan pada jalan berlubang, terutama di malam hari. Sebab kalau siang mungkin agak sedikit mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Henri menyatakan selain berfokus pada Jalan Kalimalang dan jalur penghubung yang dipersiapkan sebagai jalur mudik, Tim URC juga terus bergerak menjawab permintaan masyarakat terhadap jalan-jalan berlubang yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Kita memiliki empat Tim URC yang terbagi menjadi empat UPTD. Kita berharap jalan-jalan berlubang ini bisa diperbaiki secara maksimal dengan target hingga H-3 Lebaran. Jadi kita maksimalkan perbaikan melalui aspal dingin dan beton instan," ucapnya.

Baca juga: Bina Marga Bekasi perbaiki jalan rusak di ruas Pulo Sirih-Teluk Haur

Perbaikan jalan berlubang di Ruas Cabang Pulo Bambu-Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi, Sabtu. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Sementara itu, Kepala UPTD Pemeliharaan Rutin Jalan dan Jembatan Wilayah III Lenggah pada Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi Suandi Syahidin mengatakan perbaikan jalan dilakukan berdasarkan laporan masyarakat serta peninjauan langsung di lapangan.

Di wilayah cakupannya terdapat dua titik perbaikan di Jalan Cabang Pulo Bambu-Sukaindah Desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya yang mengalami kerusakan. Terhadap jalan rusak tersebut dilakukan penambalan oleh Tim URC.

"Berdasarkan laporan warga setempat, kurang dari 24 jam kami langsung mengeksekusi perbaikan jalan di lapangan. Di antaranya titik pertama panjang 30 meter dan lebar 5 meter, sedangkan untuk titik kedua panjangnya 10 meter dengan lebar 3 meter," ucapnya.

Baca juga: Perbaikan jalan Kabupaten Bekasi yang butuh dukungan anggaran Pusat

Dia menyatakan jalan tersebut kini telah selesai diperbaiki melalui Tim URC wilayah III dengan menerjunkan 10 personel. Masyarakat bisa dengan aman dan nyaman berkendara. Perbaikan ini sekaligus komitmen Pemkab Bekasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Ruas Jalan Cabang Pulo Bambu-Sukaindah merupakan jalan utama yang menghubungkan dua kecamatan. Saya mengimbau pengendara, apabila ada kerusakan jalan bisa melaporkan ke kecamatan, baru ke dinas, atau juga bisa melalui pelayanan hotline yang telah disediakan," katanya.

Suandi berharap Tim URC dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pengendara sehingga dapat meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

"Harapannya dengan adanya perbaikan jalan ini, masyarakat bisa terpuaskan dengan pelayanan dari kami (Dinas SDBMBK Kabupaten Bekasi)," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024