Petugas gabungan dari Polres Sukabumi Kota, Dinas Metrologi, Diskumindag dan Satpol PP Kota Sukabumi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk memastikan transaksi BBM sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

"Sidak ini untuk mencegah terjadinya kekeliruan saat mengisi BBM khususnya takaran. Kegiatan ini dilakukan Polres Sukabumi Kota untuk memberikan rasa aman dan tenang kepada masyarakat atau pemilik kendaraan yang ingin mengisi BBM," kata Kasat Reskrim AKP Bagus Panuntun di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Bagus, pemeriksaan takaran BBM di beberapa SPBU ini merupakan salah satu bentuk pengawasan serta berkaitan dengan momen arus mudik dan balik Lebaran serta perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga: Polres Sukabumi Sidak SPBU

Dalam pemeriksaan tera BBM ini pihaknya sengaja mengundang Dinas Metrologi DAN Diskumindag Kota Sukabumi karena mereka merupakan lembaga yang berkompeten perihal tera ulang BBM.

Selain itu, langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh oknum pemilik, pengelola maupun karyawan SPBU yang memanfaatkan momen mudik dan perayaan Idul Fitri.

"Diharapkan dengan adanya pemeriksaan ini tidak ada lagi kecurangan dari pihak SPBU yang bisa merugikan masyarakat khususnya pengendara atau pemilik kendaraan bermotor yang ingin mengisi BBM," tambahnya.

Baca juga: Menteri ESDM sidak ketersediaan BBM di SPBU di jalur mudik Tol Palikanci Cirebon

Bagus mengimbau kepada masyarakat jika mencurigai adanya SPBU yang nakal untuk segera melapor kepada petugas kepolisian terdekat serta mematuhi aturan saat mengisi BBM seperti tidak menggunakan telepon seluler, merokok atau aktivitas yang bisa mengganggu proses transaksi BBM.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024