Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu meninjau kondisi kantor Bupati Bogor pertama yang kini menjadi cagar budaya di wilayah pelosok, Desa Malasari, Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

"Semangatnya adalah pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bogor harus terus melestarikan dan menjaga warisan budaya ini," ungkap Asmawa.

Desa Malasari menjadi wilayah yang memiliki nilai historis, karena terdapat kantor pemerintahan Kabupaten Bogor pertama pada masa bupati periode 1948-1949 Ipik Gandamana.

Baca juga: Pj Bupati Bogor-PT Antam UPBE Pongkor berbagi kepada masyarakat lewat Safari Ramadhan

Rumah ber­se­jarah yang berdiri di kaki Gunung Halimun itu menjadi tempat Ipik Gandamana menjalan­kan pemerintahan Bogor selama delapan bulan saat agresi penjajahan, hingga terjadinya gencatan senjata antara TNI dengan tentara Belanda.

"Tentunya harus kita pastikan bahwa ini tetap terawat, tetap terjaga, tetap lestari bukan hanya untuk kebutuhan saat ini tetapi menjadi catatan bagi generasi penerus di Kabupaten Bogor ini," ujarnya.

Asmawa mengapresiasi ahli waris, tokoh agama, tokoh budaya, tokoh adat dan masyarakat di Desa Malasari ini yang bersama-sama memiliki keinginan untuk menjaga peninggalan sejarah tersebut, termasuk tetap melestarikan seni dan budaya yang ada di Malasari.

Baca juga: Pj Bupati Bogor serahkan LKPD 2023 ke BPK RI Perwakilan Jabar

"Tanpa partisipasi dari warga masyarakat maka kita pasti meyakini bahwa peninggalan sejarah ini tidak akan terawat dan terjaga dengan baik. Ke depannya tentu Pemerintah Kabupaten Bogor akan memberi perhatian khusus untuk menjaga kelestarian tempat-tempat seperti ini," ungkap Asmawa.

Dalam kunjungannya, Asmawa juga menyerahkan seperangkat alat gamelan kepada organisasi yang ada di Desa Malasari ini yang senantiasa melestarikan warisan budaya dengan baik.

Menurut dia, pemberian alat gamelan itu salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bogor untuk turut mengambil peran dalam rangka menjaga warisan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Bogor.

Baca juga: Pj Bupati Bogor sebut Nuzulul Quran ajang refleksi diri

"Kami harap melalui kunjungan hari ini dan kemudian ada hibah kepada organisasi pelaku seni dan budaya. Maka ke depannya budaya, tradisi, kearifan lokal, warisan sejarah tetap terjaga di Kabupaten Bogor," ujarnya
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024