Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati meresmikan Gedung Pendidikan dan Laboratorium MKGI (Center of Excellence) Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) untuk memperkuat infrastruktur pendidikan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Dwikorita dalam keterangannya, Rabu mengungkapkan pentingnya sarana dan prasarana bagi kegiatan akademik.

Dengan sarana dan prasarana yang mumpuni dan berkelas dunia, BMKG yakin bahwa STMKG dapat menjadi wadah untuk taruna dan taruni dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Dengan demikian, mereka dapat berkontribusi bagi Indonesia bahkan dunia.

“Kalau ada Gedung yang memadai kan lebih nyaman belajarnya,” ungkap Dwikorita.

Gedung baru STMKG merupakan center of excellence atau pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

"Diharapkan di sini menjadi center untuk mempelajari itu, kalau kantor BMKG untuk operasional, tapi untuk pembelajaran memang sekarang sudah berjalan di sini," harap Dwikorita.

Begitupun yang disampaikan Kepala Bagian Administrasi Umum, Akademik dan Ketarunaan bahwa pembangunan Gedung Pendidikan dan Laboratorium MKGI – STMKG ini adalah bagian dari upaya besar dalam mendorong STMKG yang center of excellence dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Plt. Ketua STMKG, Suko Prayitno Adi menambahkan bahwa STMKG juga telah merencanakan kerjasama dengan negara-negara lain seperti Cina dan Inggris dalam upaya membangun kerjasama internasional.

"Insya Allah sudah merintis kerjasama, kami sudah kerjasama dengan Cina dan Inggris, bahkan para dosen pun sudah mulai kita kirim ke luar negeri dalam rangka meningkatkan kompetensinya," tegasnya.

Upaya STMKG dalam menjalin kerjasama internasional diharapkan tidak hanya memperluas jaringan, tetapi juga menjadi wadah pertukaran pengetahuan dan teknologi yang saling menguntungkan.

Dengan demikian, STMKG semakin mendekatkan diri untuk menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang diakui secara global.

Pembangunan gedung STMKG juga diharapkan mampu menghasilkan penelitian unggul, SDM unggul, dan kompetensi yang unggul sebagai perguruan tinggi kedinasan vokasi.

“STMKG siap untuk melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi lain dan seluruh kementerian dan nonkementerian dalam pembangunan pendidikan berkelanjutan dan Laboratorium MKGI,” ungkap Kepala Sub Bidang Administrasi Umum, Marzuki Sinambela.

Secara seremonial, acara peresmian dilaksanakan di lantai tiga gedung baru STMKG yang berlokasi di Jalan Meteorologi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

Diresmikannya gedung baru tersebut ditandai dengan rangkaian acara simbolis dengan menekan tombol peresmian gedung dan pemotongan pita yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.  

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024