Purwakarta (Antara Megapolitan) - Sebanyak 46.582 keluarga penerima manfaat yang tersebar di 17 kecamatan sekitar Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, segera menerima beras sejahtera (rastra) pada tahun ini.

"Pagunya mencapai 8.384,76 ton beras per tahun," kata Kepala Bulog Sub Divre Subang Dedi Aprilyadi, usai Peluncuran Perdana Subsidi Rastra Purwakarta 2017, di Purwakarta, Selasa.

Catatan Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Purwakarta tentang pagu rastra tahun ini, dari puluhan ribu keluarga penerima manfaat yang tersebar di 17 kecamatan sekitar Purwakarta, keluarga penerima manfaat rastra terbanyak berada di Kecamatan Plered.

Di kecamatan itu terdapat 5.305 keluarga yang berhak menerima rastra, dengan jumlah 954,9 ton per tahun.

Selanjutnya, Kecamatan Darangdan menjadi daerah terbanyak penerima rastra kedua, mencapai 4.396 keluarga penerima manfaat. Total rastra yang disalurkan di kecamatan itu sebanyak 791,28 ton per tahun.

Disusul Kecamatan Sukatani yang menjadi daerah ketiga penerima raskin terbanyak di Purwakarta, mencapai 785,34 ton per tahun. Rastra itu disalurkan untuk 4.363 keluarga di Kecamatan Sukatani.

Sedangkan di wilayah perkotaan atau di Kecamatan Purwakarta, penerima rastra-nya mencapai 2.419 keluarga penerima manfaat.

Dedi Aprilyadi menyatakan, penyaluran rastra pada tahun ini mulai dilakukan, setelah sempat terlambat penyalurannya. Keterlambatan penyaluran rastra tersebut terkait dengan penurunan pagu.

Seharusnya penyaluran rastra sudah dilakukan pada awal tahun ini. Tapi karena ada urusan penurunan pagu, maka penyaluran rastra baru dilakukan pada awal April ini.

"Untuk di Purwakarta penurunan pagunya sekitar 3 persen," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017