Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menjaga sumber gizi bagi masyarakat melalui optimalisasi fungsi situ (waduk) dengan aksi penyebaran benih ikan ke situ-situ yang ada di wilayah Purwakarta.

Sekda Pemkab Purwakarta Norman Nugraha, di Purwakarta, Senin menyampaikan bahwa pihaknya akan terus memperkuat sumber pangan sekaligus sumber gizi bagi masyarakat.

Hal tersebut dilakukan dengan menyebar ratusan ribu benih ikan ke berbagai situ desa di Kabupaten Purwakarta.

Sesuai dengan data Dinas Perikanan dan Peternakan Purwakarta, pada semester pertama 2024, sebanyak 350 ribu benih berbagai jenis akan disebar ke Waduk Jatiluhur dan empat situ yang tersebar di beberapa kecamatan.

Empat situ yang disebar berbagai jenis benih ikan itu ialah Situ Cisarakan di Desa Cikadu, Kecamatan Cibatu. Kemudian Situ Cibago yang berada di Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao.

Selanjutnya Situ Cikumpay di Desa Cikumpay serta Situ Cigangsa yang berlokasi di Desa Campakasari, Kecamatan Campaka.

Masing-masing waduk dan situ itu akan disebar benih ikan berbagai jenis dengan jumlah bervariasi, antara 30 ribu ekor hingga 50 ribu ekor benih. Jadi jumlah sebaran akan disesuaikan dengan luasan masing-masing situ.

Untuk jenis benih ikannya bermacam-macam, yakni jenis ikan yang memiliki kandungan gizi dan protein tinggi seperti ikan Nila, ikan Patin, ikan Mas, ikan Mujaer, ikan Nilem, serta jenis ikan air tawar lainnya.

Menurut Sekda, langkah penyebaran benih ikan ditempuh untuk mengoptimalkan fungsi situ selain sebagai sumber cadangan air pertanian, juga sebagai sumber pangan dan gizi masyarakat pedesaan.

Ia menyampaikan, optimalisasi pemanfaatan situ-situ di seluruh Purwakarta itu juga bertujuan untuk mengembangkan perikanan darat yang bisa dikelola langsung masyarakat desa setempat.

"Sesuai arahan Pj Bupati Benni Irwan, selain bisa menjadi salah satu penopang sumber pangan dan gizi rakyat desa, otptimalisasi fungsi situ melalui pengembangan ikan air tawar juga bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi warga setempat," kata Norman.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024