Purwakarta (Antara Megapolitan) - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menginginkan agar setiap desa di daerahnya bisa mandiri dan mampu mengembangkan ciri khas wilayah perdesaan.

"Pembangunan daerah perlu dilakukan dengan penataan desa, spirit prilaku hingga akhirnya mewujudkan desa menjadi sasaran wisata," katanya, di Purwakarta, Minggu.

Ia mengatakan, saat ini masyarakat kota merindukan suasana perdesaan. Sehingga wilayah perdesaan perlu ditata agar lebih baik lagi dan bisa "dijual" menjadi objek wisata.

Pemkab Purwakarta sendiri tengah berusaha membangun kemandirian desa. Itu dimulai dengan pembangunan jalan yang kini sudah cukup bagus.

"Infrastruktur jalan di desa-desa sekitar Purwakarta cukup baik. Sekitar 100 persen jalannya baik," kata dia.

Selain menyiapkan infrastruktur jalan yang bagus, pemerintah desa juga perlu diperhatikan. Itu perlu dilakukan agar mereka bekerja lebih baik lagi.

Ia mengatakan, saat ini kepala desa di Purwakarta mendapatkan gaji hampir menyentuh Rp5 juta.

Itu dilakukan agar desa-desa menjadi lebih mandiri dan aparatur desanya bisa serius mengembangkan desanya masing-masing.

"Penguatan desa perlu dilakukan. Di antaranya melalui tata kelola kehutanan, arsitektur desa, dan lain-lain. Jadi desa punya karakter dan ciri khas," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017