Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jawa Barat memberikan kiat-kiat agar warga tetap sehat dan stamina tetap terjaga selama menjalankan ibadah puasa

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok Zakiah di Depok, Rabu, mengatakan terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat agar tubuh tetap sehat saat berpuasa.

Ia menyebut salah satunya dengan cukup tidur dan menghindari tidur larut malam untuk keperluan yang tidak penting. "Masyarakat juga dianjurkan untuk sahur dekat waktu imsak," tuturnya.

Baca juga: Dinkes Depok targetkan 358.422 anak usia 1 hingga 12 tahun dapat obat cacing
Baca juga: Dinkes Depok buka pelatihan penyuluhan keamanan pangan bagi IRTP

Selama menjalankan ibadah puasa, masyarakat juga dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin. Dengan multivitamin dapat menambah daya tahan tubuh agar tidak terserang virus.

Selain itu, ungkap Zakiah, tetap melakukan aktivitas fisik selama menjalankan puasa. "Aktivitas dilakukan minimal 30 menit per hari," katanya.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting yaitu menjaga pola makan saat berbuka. Makanan yang dikonsumsi dalam porsi secukupnya, banyak minum air putih dan menghindari konsumsi kopi atau teh.

Baca juga: Dinkes Depok ajak warga kelola minyak jelantah jadi bermanfaat

"Terakhir, makan buah dan sayur sebagai pemenuhan kebutuhan vitamin, serat, mineral, dan zat bergizi lainnya," ujarnya.

Zakiah mengingatkan agar tetap penuhi gizi seimbang, jaga pola makan, dan istirahat yang cukup agar tubuh tetap sehat dan bugar selama puasa Bulan Ramadhan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024