Hubungan Indonesia - Jepang yang sudah lebih dari 66 tahun, sejak adanya perjanjian damai kedua negara tahun 1958 dan mempunyai hubungan yang saling menguntungkan itu perlu dirawat, bukan hanya oleh pemerintah, tetapi warga Indonesia yang mencintai budaya dan keunikan Jepang. 

Presiden Office Promosi Ltd., Tokyo Japan Richard Susilo  dalam keterangannya Sabtu mengatakan, kedua negara selalu memperkuat kerja sama di berbagai bidang tidak hanya ekonomi, politik dan keamanan, namun juga sosial dan budaya.

"Saya salah satu warga Indonesia, yang sudah lama tinggal di Jepang, ingin sekali  berkontribusi mengajak Usaha Kecil Menengah (UMKM) ikut pameran kerajinan di Tokyo, mengenalkan dokter spesalis menangani berbagai penyakit utamanya saraf kejepit atau tulang rapuh dengan peralatan teknologi tinggi dan biaya wajar," katanya. 

Untuk mempererat hubungan kedua negara diadakan Lomba Mengarang mengenai Jepang, baik dari sisi budaya, pendidikan, kuliner, politik atapun apa saja yang menaik dihati peserta lomba. 

Total hadiahnya memang tidak besar Empat Juta Rupiah (Rp4.000.000,-) untuk juara pertama, Rp3 juta, dan satu juta di bagi untuk juara kedua, Rp500,- ribu,  ketiga Rp300,- dan harapan 1 (satu) Rp200 ribu. 

"Jangan dilihat dari jumlahnya. Tetapi yang perlu diapreasiasi sarana untuk merawat hubungan kedua negara itu agar terus terjaga dan selalu ada peningkatan, utamanya hubungan dagang dan investasi yang menguntungkan Indonesia. 

Terkiat Lomba mengarang, Richard Susilo menerangkan, Deadline pada 31 Maret 2024,  jadi waktunya sekitar dua minggu lagi. Adapun persyaratannya, mudah, karangan dengan panjang maksimum 5000 karakter, 
wajib terkait dengan salah satu keunggulan Jepang. Misalnya pengalaman mengenai restoran makanan Jepang, keberadaan di Jepang, Belajar di Jepang, dll.

Lomba mengarang ini bebas usia, tidak ada batasan gender tidak ada batasan lokasi domisili. Namun haruslah warga negara Indonesia. Temanya bebas,   diutamakan  dapat  memberikan inspirasi positif untuk meningkatkan hubungan Indonesia - Jepang, sangatlah direkomendasikan.

Bentuk karangan boleh fiksi boleh non fiksi. 

Tetapi tetap karangan  karya sendiri, dan belum pernah dipublikasikan. Setelah dinyatakan ada pemenangnya, hasil karya diperbolehkan dipublikasikan Admin WAG PJ di wag Pecinta Jepang dan atau PJ2 atau pun diperkenankan untuk dimuat dan atau dikutip sebagian atau keseluruhan dimuat di Tribunnews.com misalnya, kata  Richard Susilo.

Peserta dapat mengirim tulisan melalui Whatsapp (WA) pribadi  ke No 081808816777 tidak boleh diposting di wag Pecinta Jepang. Naskah boleh ditulis di wa, dengan  Nama Lengkap dan No.WA Penulis. 

Tulisan akan diummkan palinglambat  30 April 2024, dan Keputusan Dewan Juri tidak dapat diubah dan atau tidak dapat diganggu gugat kecuali apabila ada pelanggaran dari ketentuan tersebut di atas. 

Dan para pemenang bersedia diwawancarai untuk keperluan pemberitaan. 

Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat secara bertahap telah kembali seperti sebelum pandemi COVID-19, dan pertukaran masyarakat antara Jepang dan Indonesia juga mulai terjalin secara aktif. 

Saat ini jumlah pelajar Indonesia ke Jepang, jumlah tenaga kerja yang bekerja di Jepang terus alami kenaikan, sebaliknya jumlah investasi Jepang ke Indoneia juga naik, utamanya dalam pembangunan  proyek infrastruktur seperti  proyek MRT Jakarta,  lanjutan MRT Jakarta yakni MRT jalur Utara-Selatan Fase 2B khususnya basic engineering design pada tahun ini,  dan rencana pembangunan MRT jalur Timur-Barat Fase 3. 

Selain investasi di IKN, yaitu investasi Sojitz untuk Urban Complex dengan skema kerjasama B-to-B dengan PT Bina Karya serta terkait Sumitomo Forestry untuk kerja sama pengolahan lahan gambut.

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024