Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor telah selesai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 pada Selasa (5/3/2024) malam.

Ketua KPU Kota Bogor Muhammad Habibi Zaenal Arifin di Kota Bogor, Rabu, mengatakan berkas hasil rapat pleno ini langsung diserahkan ke KPU Provinsi Jawa Barat.

“Alhamdulillah, bersyukur Kota Bogor telah menuntaskan seluruh rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Pemilu 2024 di seluruh tingkatan kecamatan dari Presiden Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD kota Bogor,” kata Habibi.

Ia menyampaikan, penetapan pleno terbuka ini menandakan selesainya seluruh proses Pemilu 2024 tingkat Kota Bogor di lima daerah pemilihan (dapil).

Baca juga: KPU Bogor musnahkan 1.792 surat suara sisa dan rusak
Baca juga: KPU catat ada 10.915 orang pindah memilih di Kota Bogor
Baca juga: KPU Kota Bogor gandeng TNI-Polri mengawal distribusi logistik hingga TPS

Kemudian, sambung Habibi, setelah berkas diserahkan ke KPU Provinsi Jawa Barat akan dilakukan tahap selanjutnya yakni proses pembacaan ulang seperti yang dilakukan di tingkat Kota Bogor.

“(Untuk) provinsi dibahas lagi, ada target di Provinsi berdasarkan tahapan maksimal tanggal 11 harus sudah selesai. Untuk pengumuman baik perolehan kursi dan peserta Pemilu terpilih, resminya diumumkan KPU RI setelah tanggal 20 nanti,” ujarnya.

Menurut Habibi, hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan dan tingkat kota tidak ada perbedaan. Hanya saja pada saat rekapitulasi tingkat kecamatan sempat terjadi skorsing karena ada proses pembetulan untuk sinkronisasi data.

“Tapi Alhamdulillah tidak ada hasil yang berbeda berdasarkan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Tidak ada yang berbeda sampai dengan rekapitulasi di tingkat Kota Bogor,” jelasnya. 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024