Tur sepeda bertajuk Tour of Baturraden siap digelar untuk pertama kalinya pada 25 Mei 2024, dengan membawa semangat sportourism bagi para penggemar olahraga sepeda di Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama komunitas olahraga sepeda Bekatesese bersama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata, Pemerintah Kabupaten Banyumas.

“Kegiatan ini dibuat untuk menikmati keindahan alam melalui wisata bersepeda dengan rute yang cukup menantang,” ujar Ketua Umum Bekatesese Indro Purwanto, dalam  keterangan resmi, Kamis.

Baca juga: Etape 7 Tour de Langkawi dibatalkan, ini alasannya

Balapan ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu Jagal Demit (race, 127,8 km, 1.840 m elevation gain) dan Gontai (non-race, 105,84 km, 1.107 m elevation gain).

Bekatesese kali ini bertujuan memperkenalkan cagar alam Indonesia dan memberikan tantangan dan keseruan kepada para peserta baik atlet maupun penggemar olahraga sepeda.

Perjalanan dimulai dari Menara Pandang Teratai di Kota Purwokerto, Jawa Tengah untuk kemudian melintas rute berkelok-kelok yang dilatarbelakangi oleh pemandangan alam nan indah.

Indro mengatakan, peserta nantinya akan melintasi Kabupaten Banyumas dan mengunjungi daerah wisata Baturaden yang memiliki pesona tersendiri.

Baca juga: Pebalap Filipina menangi Tour of Kemala Belitong 2022

Terdapat empat pitstop di sepanjang rute, baik race maupun non-race, yang memberikan peserta kesempatan untuk rehat sejenak sebelum meneruskan kembali rute yang telah ditentukan.

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024