Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyalurkan bantuan logistik kepada warga terdampak musibah longsor di Kampung Legok Cariu, Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis mengatakan bantuan logistik diperuntukkan bagi 17 kepala keluarga terdampak longsor berupa mi instan dan air mineral kemasan dus, beras, minyak goreng, terpal dan tikar, serta perlengkapan kedaruratan lain.

"Hari ini kami memberikan bantuan logistik sekaligus melakukan evakuasi dan asesmen kebutuhan personel, peralatan, dan logistik penanggulangan bencana," katanya di Cikarang, Kamis.

Penyerahan bantuan logistik kepada warga terdampak longsor di Kampung Legok Cariu, Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Dia mengatakan, bantuan logistik ini sebagai bagian dari penanganan musibah dalam jangka pendek sesuai instruksi Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan dengan berkolaborasi bersama Dinas Sosial Kabupaten Bekasi.

"Pak Pj (Penjabat) Bupati ingin memastikan semua kebutuhan hidup warga terdampak terpenuhi selama masa penanganan bencana longsor ini," katanya.

Muchlis menyebut berdasarkan pendataan terkini di lapangan, terdapat 17 kepala keluarga terdampak longsor di mana dua di antaranya harus tinggal di tenda pengungsian karena kondisi rumah yang rusak berat dan nyaris roboh.

"Kami dari BPBD Kabupaten Bekasi mendirikan dua tenda pengungsi untuk dua keluarga dengan jumlah anggota keluarga 10 orang yang dianggap rumahnya sudah tidak layak untuk dihuni akibat terkena dampak longsor," ucapnya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Barat serta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait permohonan kajian hingga peninjauan ke lokasi bencana untuk mengantisipasi dampak yang lebih luas.

Dirinya mengimbau warga di sekitar lokasi bencana tanah longsor untuk tetap mewaspadai potensi longsor susulan serta meninggalkan kediaman apabila merasa tidak aman, terutama bagi pemilik rumah dengan kondisi rusak berat.

"Kami juga sudah menyampaikan kepada aparatur pemerintahan setempat untuk terus berkoordinasi dengan kami apabila ada kebutuhan darurat bagi warga terdampak," ucap dia.

Kepala Desa Sukamukti Samid menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah sigap dalam melakukan penanganan bencana dan memberikan bantuan untuk warga.

"Atas nama warga Sukamukti kami ucapkan terima kasih kepada BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Bekasi yang telah membantu logistik untuk warga. Kami dari pemerintah desa terus berkoordinasi dengan berbagai pihak agar penanganan bencana longsor ini berjalan optimal," kata dia.
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024