Sebanyak 360 aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengikuti pembekalan menjelang memasuki masa purnabakti di Sentul, Bogor, Selasa.

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyampaikan enam hal penting saat memberikan pembekalan kepada para ASN yang akan pensiun di tahun 2025.

“Enam hal ini harus kita lakukan agar masa purnabakti kita tetap dalam keadaan sehat dan bahagia,” ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Bogor lalukan penyesuaian jam kerja ASN tekan polusi udara

Asmawa menyebu hal pertama, yaitu membangun pola berpikir positif. Kedua, menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, dan ketiga, mengembangkan hobi.

Selanjutnya, membuat perencanaan anggaran, terutama perencanaan keuangan sebelum masa pensiun tiba. Kelima, membangun jejaring dan keenam, yaitu memperdalam atau memperbanyak kegiatan rohani.

Ia mengapresiasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor yang memfasilitasi pembekalan para ASN menjelang purnabakti.

“Tentu silaturahim semacam ini hendaknya kita tumbuh kembangkan, terutama di lingkungan keluarga besar ASN Pemerintah Kabupaten Bogor,” kata Asmawa yang juga Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Ngeri (Kemendagri) RI.

Baca juga: Pemkab Bogor siap kerja sama dengan KPK untuk tingkatkan integritas ASN

Sementara itu, Sekretaris BKPSDM Kabupaten Bogor Nia Indrawathi menjelaskan pembekalan ini untuk memberikan motivasi, semangat dan kepercayaan diri kepada ASN yang akan memasuki masa purnatugas, sehingga nantinya mereka tetap beraktivitas karena sehat dan bahagia.

"Selain itu, juga bertujuan memberikan informasi terkait proses layanan pencairan tabungan pensiun,” kata Nia Indrawathi .

Nia Kusmardini menambahkan pembekalan ini diikuti sekitar 360 ASN Pemkab Bogor, salah satu tujuannya untuk memberikan pemahaman tata cara  mengurus persyaratan-persyaratan pensiun.

“Lalu, hak dan kewajiban apa saja yang mereka miliki terkait Taspen. Mereka juga mendapatkan motivasi yang akan disampaikan oleh tenaga ahli di bidang motivasi,” tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024