Dalam rangka perayaan Cap Go Meh (CGM), Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, menghadirkan kegiatan Showcase Barongsai & Naga serta promosi kuliner pada Minggu, 24 Februari 2024.

Sales and Marketing Manager Kebun Raya Bogor Susi Suparlina di Bogor, Jumat, mengatakan Showcase Barongsai & Naga akan dilaksanakan pada Minggu, 25 Februari 2024 pukul 09.00 WIB sampai 10.00 WIB. 

“Ini ditujukan untuk pengunjung Kebun Raya Bogor yang datang pada saat weekend, seperti keluarga dan pasangan. Kami mengharapkan pengunjung bisa naik hingga 50 persen,” kata Susi.

Saat ini, kata dia, beberapa area di dalam Kebun Raya Bogor didekorasi dengan suasana Imlek menggunakan lampu lampion dan ornamennya. Beberapa staf di bagian pelayanan publik mengenakan topi cheongsam khas Hari Raya Imlek.

“Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan Showcase Barongsai & Naga cukup membeli tiket Kebun Raya Bogor baik secara online maupun offline,” ucapnya.

Sedangkan promosi  kuliner Lontong Cap Gomeh akan dilaksanakan pada 23 hingga 25 Februari 2024, dengan jam yang berbeda. Di Resto Secret Garden pada pukul 07.00 WIB sampai 12.00 WIB dengan harga Rp35 ribu, sedangkan di Resto Raasaa pada pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB di harga Rp50 ribu.

Showcase Barongsai & Naga ini akan ditampilkan oleh tim dari Grup Kesenian Barongsai Bogor Indonesia. Grup kesenian yang berdiri sejak 2000 ini akan melibatkan 40 orang personel.

Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kota Bogor Jemmy Charter mengatakan, barongsai dan liong mengajarkan tentang semangat hidup, kejujuran, dan keberanian dalam menghadapi setiap permasalahan. 

Barongsai itu, kata dia, merupakan hewan yang menyerupai singa yang di mainkan oleh dua orang. Sedangkan naga adalah sosok ular raksasa yang melambangkan kewibawaan dan kekuatan.

“Mereka akan menampilkan cerita naga bermain di atas awan dan singa (barongsai) bermain di dalam hutan. Barongsai ada gerakan seperti binatang yang lincah dan melompat-lompat yang di mainkan oleh dua orang. Liong atau naga gerakan meliuk-liuk dan atraksi yang memukau dari pada pemain,” ujar Jemmy.

Ia menambahkan, grup kesenian ini sudah pernah tampil di beberapa kota. Di antaranya Jabodetabek, Karawang, Bandung, Banten, dan di luar Pulau Jawa.

Serta telah meraih beberapa penghargaan. Salah satunya Juara Harapan 1 Dunia pada pertandingan Kejuaraan Dunia Ke 3 di Kenjeran Park, Surabaya 2006 kategori Liong/Naga.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024