Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor menerjunkan lima unit mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk memadamkan api di kios Kelurahan Empang, Kota Bogor, Jawa Barat.

Satu unit mobil pemadam dari Kabupaten Bogor juga diterjunkan untuk penanganan, kata Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan DPKP Kota Bogor M. Ade Nugraha, Rabu, terkait peristiwa kebakaran yang terjadi pada Selasa (20/2) malam itu. Setidaknya ada tujuh kios terbakar dalam peristiwa tersebut.

“Aset terdampak ada tujuh kios terbakar. Ada dua orang mengalami luka bakar yaitu Ibu SY dan Bapak SH sudah dibawa ke Rumah Sakit Ummi yang terdekat,” kata Ade.

Baca juga: Kebakaran melahap bangunan kosong di Jalan Jendral Sudirman Kota Bogor
Baca juga: Lima mobil damkar Kota Bogor diterjunkan atasi kebakaran 11 rumah warga Gang Sampeu

Saat pemadaman, kata Ade, cuaca dalam kondisi gerimis. Sebanyak lima personel pemadam pun sempat tersengat listrik lantaran pihak PLN belum mematikan aliran listrik di lokasi kejadian.

“Kami mengalami kendala kabel listrik yang terbakar sehingga putus dan menyebabkan terjadinya arus listrik di bangunan yang terbakar. Ditambah dengan kondisi basah dari semprotan air pemadam,” ucapnya.

Di samping itu, kata dia, kerumunan warga yang membludak di lokasi kejadian juga menjadi kendala dalam pemadaman. Sekitar satu setengah jam kemudian, api berhasil dipadamkan.

“Belum diketahui berapa total kerugian dan aset apa saja yang berhasil diselamatkan,” ujar Ade.

Baca juga: Basement SMA Negeri 1 Kota Bogor terbakar diduga akibat korsleting listrik

Lebih lanjut, Ade menjelaskan dari keterangan saksi awalnya kebakaran terjadi pada salah satu warung makan yang sedang mengganti tabung gas 3 kilogram. Namun,tabung gas mengalami kebocoran dan dibawa ke pojok kamar mandi untuk direndam ke dalam ember.

“Tiba-tiba mengeluarkan ledakan, api lalu membesar merambat tujuh kios bakso, warung lain, salon, dan lain-lain. Saat ini kondisi sudah aman terkendali,” ucapnya.*

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024