Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat (Jabar) mendukung pengembangan potensi durian lokal Karawang, antara dengan pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek), agar bisa lebih dikenal dan menjadi salah satu komoditas unggulan di wilayah Karawang.

"Kami sangat mendukung pengembangan komoditi durian lokal Karawang. Karena potensinya cukup bagus," kata Bupati Karawang Aep Syaepuloh, di Karawang, Senin.

Ia mengatakan bahwa area perkebunan durian di Karawang berlokasi di wilayah Karawang Selatan, tepatnya berada dekat dengan destinasi wisata Curug Cigentis

Dilihat dari lokasinya yang berada di dekat kawasan wisata air di Karawang selatan, maka pengembangan durian lokal Karawang itu cukup bagus.

Menurut dia, Pemkab Karawang akan terus mendukung para petani durian dalam mengembangkan potensi buahnya, agar lebih baik dan lebih dikenal hingga ke luar daerah.

Hal tersebut sudah dibuktikan dengan pelatihan penanaman hingga hingga panen durian melalui bimtek dan temu usaha. Bahkan beberapa waktu lalu digelar Festival Durian Loji (Fesdulo) Karawang 2024 di salah satu mal di Karawang.

Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis dan Hortikultura Kemenko Perekonomian Yuli Sri Wilanti menyaksikan langsung kegiatan festival tersebut.

Fesdulo Karawang itu diisi dengan kontes durian Loji Karawang, Bimtek Agribisnis dan Temu Usaha, Bazar Durian dan UMKM serta dimeriahkan dengan kegiatan Lomba Mewarnai Anak serta Lomba Makan Durian.

Durian yang dihasilkan dari Karawang selatan ini mempunyai ciri khas tersendiri dengan ukuran buah lebih kecil dan wangi yang tak terlalu menyengat. Namun rasanya cukup manis.

Bupati menyampaikan dengan berkembangnya potensi komoditas durian ini, maka Karawang tidak hanya dikenal sebagai daerah lumbung padi. Tapi juga dikenal sebagai daerah penghasil durian.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024