Personel TNI dari Kodim 0619 Purwakarta menggarap ratusan titik sumber air untuk membantu penyediaan air bersih yang dibutuhkan warga Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dalam program TNI Manunggal Air.

"Program ini didukung penuh oleh pemerintah daerah," kata Komandan Kodim (Dandim) 0619 Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, di Purwakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa penyediaan air bersih merupakan program TNI Manunggal tahun ini.

Sedangkan pada tahun sebelumnya, jajarannya juga telah bekerja sama dengan PLN Nusantara Power Cirata, namun dengan skala yang lebih kecil.

Dandim menyampaikan, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) sangat memperhatikan ketersediaan sumber air dan meminta jajarannya untuk melaporkan daerah-daerah yang mengalami kekurangan air.

"Kami sudah melaporkan daerah Gunung Hejo yang mengalami kekurangan air," katanya.

Menurut dia, dengan luas wilayah dan cakupan wilayah TNI Angkatan Darat di seluruh Indonesia, pihaknya masih menunggu program dari KSAD dan Panglima TNI.

"Namun, Kodim akan terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak swasta untuk memberikan bantuan sarana air bersih," kata Andi.

Ia menyampaikan bahwa pada tahun ini Kodim 0619 Purwakarta akan melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Air di Desa Gurudug, Kecamatan Pondoksalam.

"Kami berharap pemerintah daerah juga mendukung kegiatan ini dengan memberikan bantuan, seperti sarana air bersih, MCK, Rutilahu, dan jalan lingkungan," katanya.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan menyampaikan bahwa TNI AD Manunggal Air ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan secara nasional. "Tahun 2022-2023 kita mendapatkan manfaat dari program itu," ujar Benni.

Benni Irwan menyampaikan apresiasi dan terima kasih mewakili pemerintah daerah dan masyarakat kepada jajaran TNI AD khususnya Kodim 0619 Purwakarta atas partisipasi dan dukungan penyiapan sarana air bersih.

"Saya melihat bangunannya masih ada dan masyarakat masih menikmatinya. Mudah-mudahan masih bisa menikmatinya di masa-masa yang akan datang," kata dia.

Benni Irwan juga mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan pola kerja sama seperti ini dengan TNI.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024