Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Azhar menggaet Yayasan Asrama Pelajar Islam (YAPI) Rawamangun untuk menjadi salah satu tuan rumah utama dalam kegiatan Al Azhar Cup se-Indonesia.

“Barakallah senang sekali SD Islam Al Azhar 13 dipercaya untuk menjadi tuan rumah Al Azhar Cup XXII yang pada momen Al Azhar Cup XXII mendapat rekor peserta terbanyak selama penyelenggaraan Al Azhar Cup yakni 1.504 murid dari 76 sekolah. Kami ingin memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh kontingen. Akhlak, adab, tangguh, insipiratif dan kalaboratif diprioritaskan sesuai dengan tagline YPI Al Azhar,” kata Kepala SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun, Noor Imanah dalam keterangannya, Kamis.

YPI Al Azhar dan YAPI Rawamangun sebagai pusat pendidikan yang berkomitmen untuk mengembangkan potensi murid dalam berbagai aspek, dengan bangga mengumumkan pelaksanaan Pertandingan Futsal, Silat dan Baksket Antar SD Islam Al Azhar Se-Indonesia (Basket di Kampus Al Azhar Kemang Pratama dan Jaka Permai).

Acara bergengsi ini akan menyatukan murid-murid sekolah dasar dari seluruh wilayah SD Islam Al Azhar di Indonesia, menciptakan platform prestisius untuk memamerkan bakat olahraga dan seni bela diri.

Acara ini bukan hanya pertandingan semata, tetapi juga perhimpunan kebersamaan di antara para murid Al Azhar dari Sabang sampai Merauke. Kegiatan ini bertujuan untuk ajang silaturahmi antar sekolah Al Azhar, merayakan keragaman budaya dan bakat-bakat tersembunyi di berbagai sekolah Al Azhar dengan pertandingan futsal, basket dan yang terbaru yakni pencak silat akan menggambarkan semangat persatuan dan kebersamaan dalam keberagaman.

Tidak hanya antusias kepala SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun, semua stakeholder YAPI Rawamangun juga sangat antusias dengan terselenggaranya event olahraga ini.

Ketua Umum YAPI Rawamangun Kunrat Wisasubrata mengatakan selamat datang kepada seluruh delegasi yang akan bertanding di kampus YAPI Al Azhar Rawamangun, semoga mereka menikmati 3 hari acara olahraga ini. Kami berharap semua murid dapat berkompetisi secara sehat, bukan hanya kemenangan namun fun dan menciptakan persahabatan antar sekolah.

Pembukaan acara dilakukan di kampus YAPI Al Azhar Rawamangun dengan serangkaian acara yang menarik dari murid SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun seperti kalam Ilahi, tari balet, tari kolosal 95 murid, bahkan Jammiyah pun turut memeriahkan dengan penampilan biola dan vokal serta paduan suara.

Pertandingan olahraga ini, bukan hanya soal kompetisi, tetapi juga tentang memberikan pengalaman berharga bagi setiap peserta dan penonton. Ini adalah kesempatan bagi para murid untuk belajar, berbagi pengalaman, dan memperkaya wawasan mereka di luar kegiatan utama.

“Alhamdulillah pembukaan Al azhar cup ke XXII sangat meriah di kampus YAPI Al Azhar Rawamangun. Terima kasih atas antusiame kepada seluruh sekolah Al Azhar di seluruh Indonesia, saya berharap anak-anak bisa mengembangkan minat dan potensi serta program ekskul olahraga. Salam sehat jasmani dan Rohani," kata Pengurus YPI Al Azhar, Drs. Nuri Muhammadi,  perwakilan dari YPI Al Azhar.

Ketua Pembina YAPI Rawamangun, H Bachrun Idris, S.E, “Saya mewakili organ YAPI Rawamangun, merasa bersyukur menjadi tuan rumah Al Azhar Cup tahun ini. Ini merupakan momen yang penting untuk merintis, membangun komunikasi yang baik dengan berbagai sekolah Al Azhar lain. Bukan saja olahraga, tapi lebih penting adalah bidang pendidikan, sehingga Al Azhar seluruh Indonesia secara keseluruhan saling bisa memberikan input untuk perbaikan-perbaikan demi kemajuan Al Azhar, khususnya YAPI Rawamangun.

Pertandingan ini sejalan dengan filosofi pendidikan di sekolah Al Azhar, yang tidak hanya mengedepankan agama dan prestasi akademis tetapi juga pengembangan karakter dan kemandirian murid. Dengan memperkenalkan mereka pada dunia olahraga dan seni bela diri, Al Azhar berupaya membentuk generasi yang berpotensi dan seimbang baik dalam segi ilmu pengetahuan dan keagamaan untuk menjadi pemimpin bangsa yang Islami dan berakhlak mulia.

Pertandingan Futsal dan Silat antar sekolah se-Indonesia, ini adalah bukti komitmen Al Azhar dalam memupuk semangat kebersamaan, keterampilan olahraga, dan cinta akan budaya Indonesia. Melalui event ini, kami berharap dapat menciptakan generasi penerus yang berkomitmen, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Sangat membanggakan, di tahun ini hadir kontingen terjauh yakni SD Islam Al Azhar 37 Banjar Baru, SD Islam Al Azhar 47 Samarinda dan SD Islam Al Azhar 21 Pontianak.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan, “Saya memberikan apresiasi kepada Yayasan Pesantren Islam Al Azhar yang berinovasi, berkolaborasi, dan beradaptasi sehingga event Al Azhar Cup se-Indonesia dapat terlaksana. Mari Bersama menyukseskan kegiatan ini untuk menjadi insan yang beradab, cerdas, Tangguh, kreatif dan berwawasan global.

"Saya ucapkan selamat dan sukses atas penyelanggaraan event Al Azhar Cup.” dalam sambutan online.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024