Bogor (Antara Megapolitan) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kuliah umum di Kampus IPB, Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan tema "Kemaritiman Untuk Kedaulatan Bangsa", Kamis.

Dalam kuliahnya, Luhut menyampaikan keberlangsungan pembangunan tidak terlepas dari segala sektor mulai dari ekonomi global, keamanan dan ketahanan negara serta lingkungan.

Luhut mendorong mahasiswa IPB dalam berkontribusi aktif turut mendukung pembangunan, terutama di sektor perikanan, kelautan, kemaritiman, pertanian, perkebunan, kehutanan dan juga lingkungan.

"Mahasiswa IPB jangan hanya fokus menjadi pekerja, tetapi juga mampu merancang strategi, membuka lapangan pekerjaan sebesar-besarnya," kata Luhut.

Luhut mengatakan, saat perekonomian global mengalami penurunan. Ekonomi Indonesia mampu tumbuh dengan baik, karena strategi kerjasama tim dan kepemimpinan Indonesia yang mampu melihat situasi di lapangan.

"Leadership itu penting, toleransi perlu dijaga. Pemerintah saat ini mengelola negara secara profesional, bukan serampangan, kita libatkan ahli-ahli dari perguruan tinggi," katanya.

Luhut menekankan, bahwa Pemerintah Indonesia tidak hanya fokus pertumbuhan saja, tetapi pemerataan pembangunan. Membangun tidak lagi tersentral di Jawa tapi Indonesia sentral.

Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto menyebutkan, satu kehormatan bagi IPB dengan hadirnya Menkomaritim untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa di tengah padatnya jadwal tugasnya.

"Kemaritiman sudah menjadi kompetensi utama IPB, selain perikanan, logistik perikanan," kata Herry.

Kuliah umum Menkomaritim diikuti mahasiswa dan dosen IPB, serta pelajar dari sejumlah sekolah di lingkungan IPB.

Sebelumnya IPB juga didatangi Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang membahas pertanian sebagai kedaulatan NKRI.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017