Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menambah lokasi hingga petugas sortir dan lipat atau sorlip kertas surat suara Pemilu Serentak 2024 sebagai upaya percepatan proses tahapan pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu.

"Sorlip belum selesai di pengepakan, hari ini terakhir selesai, sudah kita tambah personel dan juga lokasi," kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan penambahan ratusan personel petugas disertai lokasi baru di Kantor KPU Kabupaten Bekasi berdasarkan koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu serta Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi guna percepatan tahapan sorlip.

"Penambahan lokasi dan petugas sesuai koordinasi, lokasi baru telah dinyatakan aman untuk kegiatan ini," katanya.

Baca juga: Petugas sorlip surat suara pemilu diimbau terhidrasi dan jaga stamina

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 800 petugas tambahan melengkapi 1.000 petugas sorlip yang telah bekerja selama dua pekan ini. Sebanyak 400 petugas ditempatkan di gudang logistik dan 400 lagi di Kantor KPU setempat.

Ali pun mengaku masih terus melakukan pendataan jumlah kertas surat suara yang rusak meski berjumlah tidak banyak. Koordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat terkait usulan penggantian logistik rusak juga terus dilakukan.

Jumlah kertas surat suara yang disortir dan lipat sebanyak 11.242.445 lembar, terdiri atas surat suara Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten. "Nanti kita info lagi ya (jumlah surat suara rusak)," katanya.

Baca juga: Warga Bekasi antusias jalankan tugas sortir dan lipat surat suara pemilu 2024

Ali menyatakan perekrutan tambahan jumlah petugas sorlip berasal dari masyarakat yang berdomisili di sekitar Kantor KPU Kabupaten Bekasi dan gudang logistik pemilu.

"Sekaligus upaya penyerapan tenaga kerja lokal khususnya di Kabupaten Bekasi. Sedikit banyaknya kita memberikan pekerjaan kepada masyarakat sekitar, tujuannya untuk pemberdayaan ekonomi juga," kata dia.

Petugas KPU dan Bawaslu Kabupaten Bekasi melakukan pengawasan dan sterilisasi di gudang logistik maupun kantor KPU selama proses sortir dan lipat berlangsung, dibantu jajaran Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi serta Kodim 0509 Kabupaten Bekasi.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024