Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mulai menyusun rencana pendistribusian kertas surat suara pemilihan umum 2024 sambil menuntaskan proses sortir, lipat, dan pengepakan yang sudah memasuki tahap akhir.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido mengatakan mengacu PKPU RI berkaitan dengan tahapan Pemilu 2024, pendistribusian logistik dilakukan secara bertahap sesuai jenjang wilayah.

"Distribusi akan dilakukan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan melalui Panitia Pemungutan Suara di setiap desa kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara se-Kabupaten Bekasi," katanya di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Petugas sorlip surat suara pemilu diimbau terhidrasi dan jaga stamina

Dia mengatakan ada perlakuan khusus saat proses distribusi agar berjalan aman dan lancar, terlebih saat ini telah memasuki musim hujan. Prinsip kehati-hatian diterapkan untuk memastikan keamanan logistik yang akan disalurkan.

Pihaknya menjalin koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam menentukan titik koordinat tempat pemungutan suara (tps) yang aman dari potensi banjir.

"Harus kita pastikan aman karena Februari ini masuk musim penghujan. Ini kita koordinasikan melalui aparat keamanan, juga dengan Pemkab Bekasi melalui BPBD," katanya.

Baca juga: Ratusan surat suara Pemilu 2024 di Bekasi rusak

Pihaknya juga melakukan upaya antisipasi dengan menginstruksikan kepada segenap panitia pemilihan kecamatan untuk melakukan langkah-langkah apabila ada koordinat tps yang berpotensi terjadi banjir.

KPU Kabupaten Bekasi pun terlebih dahulu berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat perihal waktu distribusi logistik pemilu mengingat penggantian kertas surat suara yang rusak ada di provinsi.

Rido mengaku pengecekan jumlah surat suara menjadi salah satu faktor penting untuk memastikan kelancaran proses pemungutan suara. Tahapan ini nanti akan dilakukan oleh ppk, pps, serta kpps.

Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi libatkan 1.000 pekerja sortir dan lipat surat suara

"Ini kan nanti basis per-tps, nanti pps akan mengecek jumlahnya sudah sesuai atau belum. Ini akan meminimalisir apabila ada kekurangan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024