Pemerintah Kota Batu menyatakan bahwa pengembangan potensi wisata tematik Desa Sidomulyo, yang berada di Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga setempat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dalam keterangan yang diterima di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis mengatakan bahwa keberadaan desa tematik Sidomulyo, diharapkan mampu menambah potensi peningkatan ekonomi bagi masyarakat setempat termasuk keberadaan UMKM.

"Saya berharap berharap dengan bertambahnya desa tematik Sidomulyo akan menambah potensi peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar, utamanya sektor UMKM dan pusat oleh-oleh," kata Aries.

Baca juga: UI edukasi perpajakan pelaku UMKM di Kampung Tematik Mulyaharja Bogor

Desa Sidomulyo merupakan salah satu desa di wilayah Kota Batu yang memiliki potensi tanaman hias. Masyarakat setempat secara mandiri dan swadaya mengembangkan potensi desa tersebut untuk dijadikan Kampung Sakura yang memiliki nuansa seperti di Jepang.

Aries menjelaskan, Pemerintah Kota Batu memberikan apresiasi kepada masyarakat setempat yang secara mandiri mengembangkan destinasi baru di Kota Batu tersebut. Pengembangan Desa Sidomulyo menjadi Kampung Sakura tersebut dinilai membuka potensi wisata yang ada.

"Desa Sidomulyo sudah terkenal dengan potensi bunga dan tanaman hias yang lain, tidak salah jika warga memunculkan ide membangun destinasi Kampung Sakura," kata Aries.

Baca juga: Manfaatkan dan kembangkan kawasan wisata heritage tematik di Surabaya

 

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024