Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melibatkan sebanyak 1.000 orang pekerja yang bertugas menyortir dan melipat kertas surat suara untuk kebutuhan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

"Tahapan kegiatan sortir dan lipat surat suara Pemilu dilakukan seluruhnya di Gudang KPU, Desa Karang Sari, Kecamatan Cikarang Timur," kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan proses sortir dan lipat kertas surat suara ini dilakukan 1.000 tenaga kerja yang memiliki pengalaman serta berdomisili di sekitar area gudang penyimpanan logistik Pemilu.

"Kami memberdayakan 1.000 orang masyarakat sekitar sini, diutamakan yang sudah memiliki pengalaman pada Pemilu 2019 lalu. Ini sekaligus dalam rangka membantu perekonomian mereka," katanya.

Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi petakan TPS rawan banjir
Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi temukan logistik pemilu dalam kondisi rusak

Ali mengaku keterlibatan masyarakat sekitar sangat diperlukan demi mencapai sukses penyelenggaraan pemilihan umum 14 Februari 2024 dengan hasil optimal.

Ia menyatakan selain memiliki pengalaman serupa pada pemilu 2019, segenap pekerja yang terlibat tahapan ini dipastikan memiliki tanggung jawab penuh serta berdedikasi tinggi hingga menjamin keamanan surat suara yang mereka sortir dan lipat.

"Masyarakat yang terlibat, kami telah pastikan aman dan memiliki tanggung jawab. Mereka pastinya juga dalam pengawasan dan kontrol dari kami serta Bawaslu Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Ali menyebutkan total kertas surat suara yang disortir dan lipat berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil pleno penetapan Juli 2023 lalu yakni 2.200.209 dikalikan lima sesuai jenis serta ditambah dua persen surat suara cadangan.

Baca juga: KPU Bekasi sosialisasi pemilu di hari bebas kendaraan

"Proses sortir dan pelipatan kertas surat suara ini kita targetkan selesai tidak lebih dari 14 hari sejak dimulai kemarin. Ini sekaligus menyelesaikan penempatan sesuai jenis," ucapnya.

Pada hari kedua pelaksanaan, proses penyortiran dan pelipatan kertas ini masih dilakukan untuk jenis surat suara calon anggota DPR RI.

"Kertas suara DPR RI sudah berjalan kurang lebih seperempat dari target sehingga butuh dua sampai tiga hari ke depan untuk menyelesaikannya. Setelah DPR RI nanti dilanjutkan untuk jenis surat suara DPRD provinsi, kabupaten, dan diselang DPD RI serta Presiden dan Wakil Presiden," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024