Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Banten mengimbau masyarakat mewaspadai kemunculan ular saat musim hujan karena merupakan siklus ular, khususnya jenis kobra biasanya akan bertelur.

"Akibat curah hujan meningkat membuat masyarakat patut waspada adanya ular yang bermunculan. Kami imbau agar memperhatikan lingkungan sekitar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Maryono Hasan di Tangerang Senin.

Ia mengungkapkan, sejak Desember 2023 hujan mengguyur Kota Tangerang, banyak masyarakat yang telah melaporkan adanya temuan ular yang memasuki pekarangan rumah.

Baca juga: Pj Bupati Purwakarta ajak warga Gunung Anaga mengungsi antisipasi longsor susulan

Tercatat dalam sebulan, BPBD telah menerima sebanyak 17 laporan warga adanya kemunculan ular di pekarangan rumah mereka.

Kemunculan ular ini sangat wajar terjadi di musim penghujan karena dengan volume air yang meningkat di tanah maupun di permukaan sehingga hewan seperti ular atau cacing tanah akan keluar sebab tempat tinggalnya terisi air.

"Pada awal musim hujan merupakan musim telur ular menetas baik ular berbisa maupun ular biasa,” katanya.

Ia mengatakan ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan agar ular tidak masuk ke rumah seperti menjaga rumah dalam keadaan bersih, hindari tumpukan barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat tinggal ular, serta sering-sering membuang sampah agar tidak memicu datangnya tikus yang merupakan makanan ular.

Baca juga: Balai TNGC gencarkan penanaman bibit pohon secara masif saat musim hujan

"Pastikan sinar matahari masuk ke rumah, ventilasi ruangan bagus, sirkulasi ada sehingga tidak ada kelembaban. Tidak perlu menabur garam, karena garam tidak akan efektif. Jika ternyata di rumah ditemukan ular jangan panik, tetap waspada dan laporkan ke tim BPBD untuk mengevakuasi secara aman,” katanya.

Masyarakat juga bisa diimbau tetap waspada dan melaporkan apabila terdapat kasus ular atau hewan berbahaya lainnya lewat emergency call center di 112 atau nomor piket 24 jam BPBD di 021-5582144.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024