Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengungkap empat kasus tindak pidana perdagangan orang sepanjang  Januari hingga Desember 2023.

"Modus dalam kasus tindak pidana perdagangan orang ini ialah bekerja di luar negeri dengan iming-iming proses mudah serta mendapatkan gaji yang tinggi," kata Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, di Karawang, Minggu.

Pengungkapan kasus tindak pidana perdagangan orang di wilayah hukum Polres Karawang pada tahun ini terbilang "barang baru". Sebab pada tahun sebelumnya atau pada 2022 tidak ada pengungkapan kasus perdagangan orang oleh Polres Karawang.

"Tahun lalu tidak ada pengungkapan kasus tindak pidana perdagangan orang. Sedangkan tahun ini terungkap, ada empat kasus tindak pidana perdagangan orang yang telah kami tangani," katanya.

Baca juga: Kantor Imigrasi Karawang ajak masyarakat Pantura waspadai berbagai modus TPPO
Baca juga: Polres Karawang optimalkan razia tempat hiburan malam antisipasi TPPO

Sesuai dengan pengungkapan kasus tersebut, umumnya modus pelaku dalam kasus tindak pidana perdagangan orang ini ialah mengiming-imingi bekerja di luar negeri dengan proses mudah, serta mendapatkan gaji yang cukup besar.

Menurut dia, dalam kasus tindak pidana perdagangan orang di Karawang, pihak kepolisian dari Polres Karawang menangkap sejumlah pelaku dari jaringan Arab Saudi, jaringan dalam negeri dan jaringan Suriah.

“Jaringan Arab Saudi ini kaitan dengan memberangkatkan orang ke Arab Saudi untuk menjadi tenaga kerja Indonesia," katanya.

Baca juga: Polisi Karawang ingatkan warga waspadai modus kasus perdagangan orang

Kemudian ada jaringan dalam negeri, modusnya tetap memberangkatkan korban ke Arab Saudi untuk menjadi tenaga kerja Indonesia. Namun kenyataannya, korban tidak diberangkatkan dan justru dipekerjakan sebagai pekerja seks komersial.

Sedangkan jaringan Suriah, kata Kapolres, ini adalah modus operasi memberangkatkan korban ke Arab Saudi untuk menjadi tenaga kerja Indonesia. Namun korban justru dipekerjakan secara non-prosedural melintas batas ke negara Suriah.

Atas pengungkapan kasus tindak pidana perdagangan orang tersebut, ia mengimbau agar masyarakat Karawang berhati-hati dan waspada jika ada tawaran bekerja ke luar negeri dengan proses yang sangat mudah.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023