Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meraih penghargaan predikat penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 dari Ombudsman Republik Indonesia dengan predikat nilai 83,22 atau masuk kategori zona hijau.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, penghargaan tersebut membuktikan bahwa kualitas pelayanan publik di Kabupaten Bekasi termasuk tinggi meskipun pada tahun berikutnya tetap harus ditingkatkan hingga mencapai nilai di atas 90 sesuai target.

"Itu artinya tingkat kepatuhan kita dalam memberikan pelayanan publik sudah meningkat meskipun tentu masih harus terus ditingkatkan ke depan," katanya di Cikarang, Sabtu.

Baca juga: Bupati Bekasi raih penghargaan pembina wajib pajak teladan Pemprov Jabar
Baca juga: Pemkab Bekasi terima penghargaan kategori daerah peduli HAM

Dia mengatakan untuk mencapai target nilai itu, pemerintah daerah akan terus melakukan penilaian dan pendampingan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta koordinasi penyusunan standar operasional prosedur yang terintegrasi.

Hal ini bertujuan agar setiap unit kerja dapat menjalankan tugas sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, begitu pula dalam menanggapi keluhan agar dapat segera ditanggapi serta diselesaikan.

"Bagaimana para instansi pemerintah menjalankan tugas seusai SOP, lalu saat ada keluhan segera ditanggapi dan diselesaikan sehingga bisa meningkatkan nilai kepatuhan kita dalam pelayanan publik," katanya.

Dani berharap penghargaan ini dapat membawa semangat sekaligus menjadi motivasi bagi seluruh ASN hingga tingkat desa, RW, dan RT untuk terus memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat dengan sepenuh hati.

Baca juga: Pemkab Bekasi sabet penghargaan pada APE Kementerian PPPA

Asisten Administrasi Umum Provinsi Jawa Barat Ferry Sofwan Arief mengatakan penghargaan tersebut bukti nyata dedikasi dan kerja keras mewujudkan layanan publik berkualitas serta berorientasi kebutuhan masyarakat. 

"Melalui kolaborasi kita telah berhasil mencapai standar kepatuhan yang tinggi dalam pelayanan publik. Ini bukan hanya sebuah prestasi bagi kita, tapi juga bentuk komitmen dan konsistensi kita untuk terus berinovasi dalam upaya meningkatkan kualitas layanan," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023