Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mengukuhkan Pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) setempat masa bakti tahun 2023-2027 di Cisarua, Bogor.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Budi Cahyadi Wiryadi, di Cisarua, Bogor, Kamis, menyebutkan BPPD Kabupaten Bogor yang kini diketuai Dede Ediana Sobri diminta untuk membantu Pemkab Bogor dalam mencapai target kunjungan 10 juta wisatawan per tahun.

Ia juga menugaskan BPPD Kabupaten Bogor untuk melahirkan terobosan baru untuk dapat membuat daya tarik wisatawan ke Kabupaten Bogor, salah satunya dengan mengoptimalkan aplikasi berbasis android milik Pemkab Bogor, yang bernama Ekabo atau Eksplorasi Kabupaten Bogor.

Baca juga: BPBD Bekasi siagakan logistik dan relawan kebencanaan hingga tingkat desa
Baca juga: BPBD Bekasi lakukan upaya mitigasi banjir jelang musim penghujan

"Nantinya event-event yang mereka buat akan masuk ke aplikasi tersebut, sehingga wisatawan dapat dengan mudah mengakses informasi terkait event di Kabupaten Bogor,” ujar Budi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Pemkab Bogor Suryanto Putra menjelaskan bahwa Kabupaten Bogor memiliki tagline Sport and Tourism karena pariwisata menjadi sektor unggulan.

Menurut dia, potensi olahraga dan pariwisata ini perlu dipromosikan secara masif dengan cara-cara yang kreatif, inovatif, dengan memaksimalkan media digital, agar mampu menarik lebih banyak wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Upaya itu, kata Suryanto, dapat menambah devisa untuk menggerakkan industri pariwisata dan perekonomian di Kabupaten Bogor.

Baca juga: BPBD Bekasi terus distribusikan bantuan air bersih di akhir pekan

“Diharapkan dengan dikukuhkannya pengurus BPPD yang terdiri dari unsur kepariwisataan, akademisi, media, dan kalangan profesional, upaya promosi dan pencitraan pariwisata Kabupaten Bogor dapat semakin optimal,” ujar Suryanto.

Ia menambahkan, BPPD sebagai mitra kerja pemerintah daerah diharapkan juga dapat lebih kreatif dalam mencari sumber pendanaan di luar APBD, agar dapat lebih banyak menyelenggarakan event Sport and Tourism yang berskala nasional dan internasional.

“Perkuat sinergi dan kembangkan kolaborasi dengan stakeholder pariwisata nasional maupun internasional agar industri pariwisata, budaya, olahraga, UMKM dan ekonomi kreatif bisa sama-sama maju dan berkembang,” ujarnya lagi.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023