Ketua Tim Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia Agung Nugroho dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI memberikan edukasi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan bimbingan teknis media sosial digital di Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

"Kami memberikan pengenalan pentingnya peran media sosial dalam bisnis," kata Agung Nugroho dalam keterangannya, Sabtu.

Semua peserta dibekali dengan tips-tips membuat akun media sosial yang baik serta langsung mempraktekan cara membuat akun media sosial langsung ditempat acara. 

Baca juga: Festival PPM UI sarat seni budaya klasik Tanah Air

Agung memberikan bimbingan teknis dengan materi mengenai pengelolaan dan pengoptimalan media sosial digital. 

Ia mengatakan bisnis makanan dan minuman berbasis pembuatan dari rumah merupakan contoh industri kecil yang banyak dikembangkan oleh sebagian masyarakat yang ada di kecamatan Tenjolaya, Bogor. 

Dewasa ini, wisata kuliner merupakan bidang usaha kategori UMKM yang berbasis ekonomi kerakyatan yang memiliki peranan yang sangat menunjang dalam pembangunan ekonomi. 

Baca juga: Festival PPM UI 2023 pamerkan 34 produk inovasi sosial hingga pertunjukan seni budaya

Selain produk yang menarik, peran promosi menjadi penting dalam menarik konsumen untuk membeli produk makanan dan minuman. Salah satu media promosi yang tumbuh seiiring perkembangan dunia modern saat ini adalah media sosial digital.

Kegiatan Pengmas UI ini mempunyai tujuan membantu UMKM bidang makanan dan minuman dalam memanfaatkan media sosial digital.

Sementara itu Kasi Ekbang kecamatan Tenjolaya, Bogor, Yenih, mengapresiasi aktivitas yang telah dilakukan dan berharap kegiatan dapat berlanjut secara berkesinambungan. 

Baca juga: UI adakan lokakarya pemilihan dan pengolahan sampah

Kegiatan ini terlaksana dengan pendanaan Hibah Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia Tahun 2023 (skema Kompetisi) dengan nomor Surat Perjanjian Penugasan Nomor: 1/UN2.PPM/HKP.05.00/2023.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023