Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi terjadi lonjakan kendaraan pada periode libur Hari Raya Natal hingga tahun baru 2024.

Kepala Dishub Kabupaten Bekasi Yana Suyatna mengatakan rekayasa lalu lintas mulai diberlakukan pada 22-24 Desember untuk persiapan menyambut Hari Raya Natal 2023 melalui pengalihan arus kendaraan di ruas jalan utama menuju jalur alternatif.

"Tidak ada penutupan jalan selama periode Nataru (Natal-tahun baru) hanya saja ada pengalihan kendaraan di jalur-jalur padat dengan melihat kondisi real time
nanti," katanya di Cikarang, Jumat.

Baca juga: Dishub Bekasi: Lalu lintas Idul Fitri 2023 bebas dari kemacetan

Seperti di Jalur Pantura dari arah Cikarang menuju Karawang, kendaraan yang melintas area Sentra Grosir Cikarang, Kecamatan Cikarang Utara akan dialihkan untuk belok kiri di Terminal Kalijaya sebelum bertemu kembali di ruas jalur utama, depan Lottemart Cikarang.

Rekayasa lalu lintas juga akan diterapkan di Ruas Jalan Inspeksi Kalimalang mulai perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang melalui jalur-jalur alternatif apabila memang terjadi penumpukan kendaraan.

Skema buka dan tutup median jalan juga dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi kemacetan lalu lintas pada waktu terkini tersebut. "Kami sudah memetakan median-median mana saja yang memang diperlukan untuk buka-tutup," katanya.

Baca juga: Dishub Bekasi kerahkan 126 personel bantu amankan arus mudik dan balik Lebaran

Yana melanjutkan tepat pada 25 Desember 2023, pengamanan arus kendaraan terfokus di sejumlah tempat peribadatan dengan menempatkan sejumlah personel gabungan di setiap pos lalu lintas serta area gereja.

"Pengamanan lalu lintas melalui pos dan tempat peribadatan. Kecuali tanggal 22- 23 Desember 2023 yang terfokus pada arus mudik untuk yang akan pulang atau melaksanakan peribadatan di tempat tinggal masing masing," ucapnya.

Kemudian pada 26-28 Desember 2023, rekayasa lalu lintas berikut pengamanan terfokus ke sejumlah titik objek wisata liburan masyarakat. Diprediksi sejumlah kendaraan akan melakukan perjalanan tahun baru ke luar kota.

Baca juga: Dishub Bekasi siagakan posko Natal dan Tahun Baru

"Petugas akan kembali diturunkan pada periode arus balik tanggal 1 dan 2 Januari 2024. Secara umum pengamanan lalu lintas di lapangan kita lakukan secara lebih intensif pada periode Natal dan tahun baru nanti," katanya.

Pihaknya bekerja sama dengan kepolisian, pemadam kebakaran, dinas kesehatan, PMI, hingga relawan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat berkaitan dengan mobilitas penduduk pada periode tersebut.

"Petugas gabungan kita siagakan 24 jam di setiap pos. Saya berpesan masyarakat tidak melaksanakan konvoi atau berkendara yang sifatnya terbuka secara berkelompok untuk mengurangi risiko kecelakaan baik saat Natal maupun malam pergantian tahun," kata dia.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023