Bupati Bogor Iwan Setiwan mewisuda sebanyak 350 hafiz Al-Quran melalui Program Tahfiz Al-Quran turunan Karsa Bogor Berkeadaban di Sekretariat Daerah (Setda) Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Iwan mengungkapkan pembinaan Tahfiz Al-Quran di Kabupaten Bogor dilakukan untuk memelihara, menjaga, dan melestarikan kemurnian Al Quran, serta mengajak masyarakat agar semangat menghafal, mencintai, menghayati, dan mengamalkan, nilai-nilai Al-Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari maupun dalam masyarakat.

"Terima kasih kepada para kiai, para penguji yang telah sukses melahirkan para tahfiz Al-Quran dengan hasil yang sangat baik," ujarnya.

Baca juga: Ponpes Nurul Iman miliki 1.000 hafis Alquran

Ia berharap dengan semakin banyaknya ahli dan penghafal Al-Quran dapat tercipta generasi Qurani yang kelak menjadi pemimpin adil dan bijaksana, memakmurkan agama, dan mensejahterakan umat.

"Mudah-mudahan tahun depan pembinaan Tahfidz Al-Quran ini bisa dilanjutkan," kata Iwan.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menerangkan Program Tahfiz Al-Quran di Kabupaten Bogor telah mencetak 1.000 hafiz pada periode 2018-2023.

“Kami senantiasa berupaya menciptakan situasi yang kondusif bagi peningkatan syiar dakwah Islam untuk mendorong terciptanya kesalehan sosial masyarakat serta tercapainya Karsa Bogor Berkeadaban," kata Burhan.

Baca juga: Bupati resmi buka MTQ ke-55 tingkat Kabupaten Bekasi

Pada tahun 2021, lanjutnya, Pemkab Bogor telah melakukan wisuda terhadap 300 orang peserta Tahfiz Al-Quran, kemudian tahun 2022 mewisuda 350 peserta. Lalu tahun 2023 Pemkab Bogor kembali mewisuda 350 orang peserta Tahfiz Al-Quran.

“Semoga tujuan mulia mencetak para hafiz dan hafidzah yang kelak menjadi pemimpin yang adil, memakmurkan agama, dan menyejahterakan umat, dapat sama-sama kita capai,” tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023