Purwakarta (Antara Megapolitan) - Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi meminta kepala desa agar lebih kreatif dalam mengembangkan potensi wisata, karena cukup banyak sektor wisata di desa-desa yang bisa terus dikembangkan.

"Potensi wisata di Purwakarta tersebar di 16 desa, tujuh kecamatan," katanya di Purwakarta, Selasa.

Tahun ini pihaknya memfokus pengembangan sektor pariwisata berbasis alam dan pedesaan. Di Purwakarta, potensi wisata tersebar di 16 desa.

Atas hal tersebut, dia meminta ke-16 kepala desa tersebut bisa lebih kreatif dalam mengembangkan potensi wisata di daerahnya masing-masing.

Seperti di daerah sekitar Kecamatan Bojong, Wanayasa dan Kecamatan Kiarapedes, cukup banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di daerah yang berada di bawah kaki Gunung Burangrang tersebut.

Tapi Dedi menyayangkan sejak beberapa tahun terakhir hingga kini, potensi wisata di daerah-daerah itu belum tergali secara maksimal.

Untuk desa-desa yang perlu dikembangkan sektor objek wisatanya ialah Desa Pasanggrahan, Desa Sukamulya dan Desa Pasanggrahan Kecamatan Tegalwaru.

Selain itu juga Desa Cihanjawar, Sindang Panon dan Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong, Desa Pusakamulya dan Desa Cibeber Kecamatan Kiarapedes, Desa Cikumpay dan Desa Cisaat Kecamatan Campaka

Daerah lainnya ialah Desa Cibungur dan Desa Bungursari, Kecamatan Kiarapedes serta Desa Wanyasa, Raharja, Sumurugul dan Desa Babakan Kecamatan Wanayasa.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017