Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan uji emisi terhadap ratusan kendaraan di Cibinong, Bogor, Selasa, dan 97 persen di antaranya dinyatakan lulus uji emisi.

“Uji emisi kali ini merupakan yang keenam kalinya, hasilnya cukup memuaskan, 97 persen lulus uji emisi,” ungkap Sub Koordinator Kemitraan dan Peran Serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Surya Sumini.

Ia menjelaskan, uji emisi dilakukan terhadap kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas di Jalan Nanggewer, Cibinong, Bogor.

Baca juga: Sebanyak 10 persen kendaraan dinas milik Pemkab Bogor tak lulus uji emisi
Baca juga: Bupati Bogor temukan sejumlah kendaraan dinas tak lolos uji emisi
Baca juga: Pemkab Bogor adakan uji emisi kendaraan dinas secara serentak di Stadion Pakansari

Surya menerangkan uji emisi merupakan salah satu upaya untuk mengurangi pencemaran udara khususnya di Kabupaten Bogor. Selain itu juga agar pengendara mengetahui kondisi kendaraannya seberapa besar menyumbang polusi udara.

“Kalau terawat tentu tidak akan menyumbangkan asap yang dapat menyebabkan polusi udara, sehingga udara di Kabupaten Bogor menjadi bersih,” kata Surya.

Sementara warga Bojonggede Dani usai mengikuti uji emisi kendaraannya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bogor yang aktif melakukan uji emisi.

“Uji emisi ini penting, supaya kendaraan kita tetap sehat tapi untuk sarana dan prasarana harus diperbanyak lagi supaya tidak terlalu antre dan menimbulkan kemacetan,” tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023