Jakarta (Antara Megapolitan) - Komisi V DPR RI memberikan apresiasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) atas penyerapan anggaran berdasarkan Evaluasi Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2016 di BMKG dari hasil pemeriksaan dan monitoring BPK sampai semester II Tahun 2016.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Michael Wattimena pada saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dihadiri oleh BMKG, Basarnas, Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS), dan Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS)  di Jakarta, Selasa.

“Kami memberikan apresiasi atas realisasi keuangan APBN tahun anggaran 2016 yang mencapai 95,96 persen serta beberapa prestasi dan penghargaan yang diraih BMKG," katanya.

Michael juga menekankan kepada BMKG untuk meningkatkan program-program pelatihan kepada masyarakat guna mempersiapkan SDM sebagai langkah antisipasi cuaca   ekstrim yang berpotensi menimbulkan kecelakaan dan bencana.

Sementara itu Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya menyatakan kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) akan diperluas cakupan target dan sasarannya, yaitu untuk para nelayan.

Ia mwngatakan jika dibandingkan dengan negara-negara lain, BMKG harus terus   berupaya meningkatkan tingkat kualitas data pengamatan dan diharapkan dapat memiliki satelit sendiri sehingga mampu meningkatkan tingkat akurasi pengamatan.

"Untuk pengamatan penerbangan kita telah mencapai tingkat akurasi 100 persen," katanya.

Sementara untuk pengamatan melalui satelit kita mencapai 90-95 persen dan prediksi beberapa hari kedepan mencapai 80-89 persen.   Untuk   prediksi   iklim sendiri,   tingkat   akurasi   mencapai 70-75 persen.

Pada tahun 2016 pun, BMKG  berhasil meraih beberapa penghargaan seperti Penerimaan WTP pada bulan Juni 2016, Anugerah Kehormatan Bintang Jasa Utama pada 15 Agustus 2016 dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Juara I pameran Pengurangan Resiko Bencana yang  diadakan BNPB 12-14 Oktober 2016 dan beberapa penghargaan lainnya yang merupakan prestasi yang patut dibanggakan.

Untuk kedepannya katanya seperti yang telah disepakati bersama, BMKG bersedia menindaklanjuti rekomendasi dari hasil kunjungan kerja dan masukan dari daerah pemilihan masing-masing Anggota Komisi V DPR RI yang skala prioritas 2017   utamanya program-program   yang   memberikan   manfaat   langsung kepada masyarakat.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017